Webinar Brokoli Peningkatan SDM Kementan Ditengah Covid 19

Publikasi

Ciawi Bogor – PPMKP : Di tengah Pandemi COVID-19, Pusat Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian (PPMKP) menggelar Webinar Brokoli (Ngobrol Asyik Via Online), sebagai ajang berbagi ilmu (Sharing Knowledge) untuk meningkatkan kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian Pertanian. Program Pertama Brokoli dilaksanakan selama empat hari pada Jum’at (15/5) dan Senin sampai Rabu (18-20/5).

Webinar Brokoli Peningkatan SDM Kementan Ditengah Covid 19
Webinar Brokoli Peningkatan SDM Kementan Ditengah Covid 19.

Susan Twisawati Indiani Kepala Seksi Pelatihan Non RIH dan Multimedia Pertanian menuturkan pada program pertama Brokoli mengusung tema Penguatan SDM Berbasis Literasi Digital Tingkat Dasar.

“ Setiap hari pelatihan dibagi menjadi dua sesi. Sessi satu jam 09.00 – 10.45, dan sessi dua jam 13.30 – 15.15. Walaupun sifatnya sharing tetapi peserta diharapkan betul-betul memahami dan mengikuti pelatihan, sehingga bukan hanya sertifikat yang didapat, tetapi kompetensi dan profesionalisme selaku ASN dalam fungsi pelayanan sesuai tugasnya , “ ujarnya.

Selain menghadirkan widyaiswara PPMKP sebagai fasilitator, Brokoli menghadirkan narasumber pakar E – Learning Irfana Steviano mengantarkan materi Optimalisasi Powton Untuk Media Pembelajaran. Tidak kurang dari 100 peserta pada setiap sessi mengikuti materi – materi yang disajikan secara menarik via aplikasi Zoom.

Materi lain yang dihadirkan adalah tentang Pemanfaatan Video Conference Dalam Pelatihan, Memanfaatkan Media Penyimpanan Online, Aplikasi Penunjang Interaksi dan Pembelajaran, Pemanfaatan Google Docs dan Google Slide, Optimalisasi Canva Untuk Media Pembelajaran dan Mengembangkan Bahan Belajar Video Berbasis Gawai.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan ditengah pandemic covid 19 pelatihan harus tetap jalan, tetapi dengan memanfaatkan online system dan elearning, serta memaksimalkan fungsi Agriculture War Room (AWR) Kementan.

Hal tersebut untuk mendukung penuh program pembangunan SDM yang menjadi salah satu prioritas pemerintah hingga tahun 2024, Mentan menekankan pentingnya pengembangan SDM pertanian yang unggul menuju pertanian maju, mandiri dan modern.

Menindaklanjuti arahan Mentan , Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi menegaskan Unit Pelaksana Teknis (UPT) BPPSDMP untuk tetap berperan aktif ditengah pandemi ini sesuai dengan tupoksi, yaitu peningkatan kompetensi SDM pertanian, salah satunya melalui pelaksanaan pelatihan berbasis online. (RG/PPMKP)