You are currently viewing Warga Tionghoa Mandikan 50 Patung Dewa-Dewi di Vihara Dhanagun
Warga Tionghoa memandikan rupang di Vihara Dhanagun, Bogor, Minggu (19/1/2020). Foto: Tjahyadi Ermawan

Warga Tionghoa Mandikan 50 Patung Dewa-Dewi di Vihara Dhanagun

Suryakencana, wartapakwan.co.id – Menjelang perayaan Tahun Baru Imlek 2020, warga Tionghoa di Kota Bogor membersihkan patung dewa-dewi (rupang) di Vihara Dhanagun, Jalan Suryakencana, pada Minggu (19/1).

Menurut Wakil Ketua Yayasan Vihara Dhanagun, Frankie Sibbald, memandikan rupang merupakan kegiatan rutin setiap tanggal 24 penanggalan lunar atau sepekan sebelum Imlek.

“Kami bersih-bersih altar dan rupang tiga agar saat Imlek, vihara dalam keadaan bersih,” ujar  Frankie.

Masih menurut Frankie, ada sekitar 50 rupang dibersihkan kali ini. Warga Tionghoa di Bogor percaya memandikan rupang hanya dilakukan saat ruh dalam patung sedang kosong karena sedang naik ke langit.

Rupang dibersihkan dengan cara membasuhnya menggunakan air bersih dicampur bunga mawar, melati, gading serta minyak cendana. Dari ruang utama Vihara Dhanagun, rupang yang dibersihkan di antaranya Hok Tek Tjeng Sing, Kwan Im Po Sat dan Kwan Seng Tek Kun.

Kemudian dari ruang naga hijau, patung Tee Tjung Ong Pho dan dari ruang macan putih yakni patung How Ciong Kun dan Kong Tek Tjun Ong, yang diyakini sebagai dewa-dewi berkedudukan tinggi.

“Sebelum pembersihan, dilakukan sembahyang dulu. Nanti kalau sudah selesai dibersihkan kita sembahyang lagi untuk memberitahukan bahwa pembersihan sudah selesai,” jelasnya. (cay)