Upacara HUT RI ke-74 Lingkup PPMKP Takkan Terlupakan

Publikasi

Keterangan Foto : Foto Udara pelaksanaan Upacara Peringatan HUT RI ke 74 Lingkup PPMKP. Secara keseluruhan acara berjalan lancer, tertib dan khidmat.

 

Ciawi Bogor – PPMKP : Sebuah momen yang sulit dilupakan, apalagi terjadi di Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia, yaitu ketika para peserta Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS Golongan II Kementerian Pertanian didaulat menjadi Petugas Upacara dalam upacara peringatan detik – detik proklamasi lingkup Pusat Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian (PPMKP), Sabtu (17/8). Masing – masing peserta memiliki kesan khusus dalam menjalankan tugas mereka.
Ridwan peserta yang terpilih menjadi ajudan Pembina Upacara bertutur senang dan bangga bisa terpilih jadi peugas upacara.

Keterangan Foto : Pengibaran Merah Putih oleh Pasukan Pengibar Bendera menjadi moment tak terlupakan dalam Upacara HUT RI 74 di PPMKP.

“ Senang, bahagia, bangga dapat dipercaya oleh PPMKP untuk jadi petugas, pasti tak kan terlupakan “ ujar peserta asal Loka Penelitian Sapi Potong ini.
Kebanggan lain diungkapkan Swarna Dipa peserta dari Badan Karantina Pertanian (BKP) SKP Kelas I Merauke. Ia menyatakan ini adalah kesempatan yang langka didapatkan tampil di moment hari kemerdekaan.
“ Ini hari special semua orang ingin memberikan yang terbaik, saya bangga bisa jadi petugas upacara hari yang besar ini, “ ucapnya.

Keterangan Foto : Kepala PPMKP Ir. Heri Suliyanto, MBA bertindak sebagai Pembina Upacara peringatan HUT RI ke 74 lingkup PPMKP.

Pengalaman pertama bertugas sebagai protokol atau MC menjadikan moment upacara yang sangat istimewa diungkapkan Ayu Januarti dari Stasiun Karantina Pertanian(SKP) Sorong. Iapun mengartikan kata kemerdekaan sebagai seorang ASN adalah bebas mengungkapkan keinginan dengan tidak melupakan nilai – nilai Pancasila dan UUD ‘ 45.
Sementara saat ditanya moment yang paling mengharukan pada saat mengikuti upacara, para peserta rata – rata menjawab moment saat dimana para pengibar bendera melakukan tugasnya mengibarkan Sang Merah Putih diiringi lagu Indonesia Raya dan moment dimana lagu – lagu perjuangan dinyanyikan. Salah satunya diungkap Yudi Ilyassa staf publikasi PPMKP.
“ Begitu terdengar suara komandan tim pengibar bendera dengan aba – abanya, dan melihat tim berbaris tertib membawa baki berisi bendera terus tim oubade menyanyikan lagu Indonesia Raya saya sebagai peserta dalam barisan ikut juga menyanyikan, terharu “ ujarnya
Hal serupa diungkapkan Cecep staf Rumah Tangga dan Perlengkapan menyatakan haru jika melihat bendera dikibarkan diringi lagu Indonesia Raya, lagu – lagu perjuangan dintanyikan dan mendengar pekik merdeka yang dikumandangkan Pembina upacara diikuti seluruh peserta upacara.
Upacara bendera diharapkan bukan hanya menjadi ritual semata. Namun dengan kegiatan ini, diharapkan bisa menumbuhkan sikap nasionalisme dalam benak peserta upacara siapapun itu. Selain nasionalisme kitapun, diajak untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang demi merebut kemerdekaan.(RG/PPMKP)