Tingkatkan Minat Baca, Pemprov Jawa Barat Hadirkan Kotak Literasi Cerdas (Kolecer) di Ruang Publik

Featured Pendidikan Publikasi

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil Berfoto Bersama Walikota Bogor Bima Arya, usai launching Kotak Literasi Cerdas (kolecer), Sabtu (15/12).

wartapakwan.co.id, BOGOR TENGAH – Dalam upaya meningkatkan gemar membaca terhadap masyarakat, Pemerintah Provinsi Jawa Barat menggelar Launching Kotak Literasi Cerdas (Kolecer) dan Maca Dina Digital Library (Candil) di Lapangan Sempur, Kelurahan Sempur, Kecamatan Bogor Tengah, Sabtu (15/12).

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan kotak buku itu disebut dengan Kotak Literasi Cerdas (Kolecer). Kotak buku ini dikonsep berwarna-warni dan setiap Kolecer dilengkapi kursi sebagai tempat membaca. Siapapun dapat membaca buku secara gratis, termasuk dapat ikut berpartisipasi menyumbangkan buku untuk disimpan di Kolecer.

“Kolecer akan ditaruh sesuai kebijakan pemerintah kota atau kabupaten tapi diutamakan dikeramain, di tempat banyak orang lewat, dipasar. Misalnya kalau di kampung ada di mesjid, pesantren Balai Desa, kalau di perkotaan di trotoar, di taman dan kalau punya anggaran tolong di kecamatan juga dibuat,” ujar Emil usai launching Kolecer.

Ridwan menuturkan saat ini pihaknya baru akan memberikan satu unit kolecer bagi seluruh pemerintah daerah dan nantinya diharapkan ada ribuan Kolecer yang tersebar di seluruh wilayah Jawa Barat.

“Ini baru simbolis baru satu saja, nanti ada ratusan kita hadirkan sampai suatu hari menjadi ribuan. Kotak literasi cerdas kami launching di Bogor dan dari Bogor akan mewabah ke 27 kota kabupaten sehingga dalam hitungan sekian tahun di desa di tempat komersial di tempat banyak waktu menunggu itu masyarakat akan gemar membaca dengan adanya Kolecer,” terang Ridwan.

Emil mengatakan dihadirkannya Kolecer sebagai upaya meningkatkan budaya literasi merupakan investasi jangka panjang yang akan melahirkan generasi cerdas karena gemar membaca.

“Generasi setelah kita harus lebih pintar dari kita apalagi sekarang ada serangan revolusi digital yang juga kalau tidak ada benteng kita kawatir budaya literasi tergoda oleh entertainment yang datang dari smartphone oleh karena itu kita lakukan upaya peningkatan literasi di Jawa Barat dari banyak program salah satunya Kolecer. Ini diharapkan melahirkan generasi yang tidak mudah dibodohi menjadi generasi yang cerdas dan lebih pintar ,” jelas Emil.

Sementara itu Wali Kota Bogor Bima Arya sebagai salah seorang kepala daerah di wilayah Jawa Barat menyambut baik hadirnya Kolecer. Ia pun berharap dengan adanya kotak buku, memancing masyarakat khususnya generasi muda untuk gemar membaca.

“Ikhtiar yang dilakukan pak gubernur kita sambut dengan baik bagaimana mendekatkan anak-anak pada buku dan menjauhkan mereka dari gadget Kota Bogor berbangga hati karena dipilih jadi tempat launching program yang sangat penting ini dan mudah-mudahan ini awal yang baik untuk menyelamatkan generasi muda mendatang,” harapnya.
(benkz/wartapakwan.co.id)