Tingkatkan Kemampuan Mengajar di Rumah Webinar Brokoli Volume II Bidik Guru dan Pengajar

Publikasi

Ciawi Bogor – PPMKP : Indonesia memasuki keadaan new normal atau normal baru, sebuah tatanan baru beradaptasi dengan Covid 19. Pada masa ini berbagai sektor termasuk sistim pelatihan di lembaga – lembaga pelatihan dituntut melakukan berbagai penyesuaian.
Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan ditengah pandemik covid 19 pelatihan harus tetap jalan, tetapi dengan memanfaatkan online system dan e learning, serta memaksimalkan fungsi Agriculture War Room (AWR) Kementerian Pertanian (Kementan).

Hal tersebut untuk mendukung penuh program pembangunan SDM yang menjadi salah satu prioritas pemerintah hingga tahun 2024, Mentan menekankan pentingnya pengembangan SDM pertanian yang unggul menuju pertanian maju, mandiri dan modern.

Menindaklanjuti arahan Mentan , Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi menegaskan Unit Pelaksana Teknis (UPT) BPPSDMP untuk tetap berperan aktif ditengah pandemi ini sesuai dengan tupoksi, yaitu peningkatan kompetensi SDM pertanian, salah satunya melalui pelaksanaan pelatihan berbasis online

Menyikapi hal tersebut Pusat Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian (PPMKP) melakukan inovasi dengan cara melaksanakan kegiatan secara daring, salah satunya Webinar Brokoli (Ngobrol Asyik Via Online). Menyusul sukses volume I beberapa waktu lalu Brokoli volume II yang digelar 25 Juni – 6 Juli ini mengusung tema Literasi Digital Media Pembelajaran dengan Metode Podcast.
Susan Twisawati Indiani Kepala Seksi Pelatihan Non RIH dan Multimedia Pertanian menuturkan pada program lanjutan ini Brokoli membidik para guru dan pengajar sebagai target peserta. Materi yang dibahas bekaitan dengan proses mengajar dari rumah menggunakan metode IT untuk mendukung pengajar melakukan proses mengajar dari rumah.
“ Satu hari satu materi saja yang dibahas. Sasaran utama brokoli volume II ini para guru atau pengajar. Agar Pengetahuan IT mereka meningkat, sebagai bekal mereka mengajar dari rumah , “ terangnya.
Adapun topik bahasan yang dipilih adalah Manajemen Kelas Menggunakan google classroom dan google meet, Instagram Untuk Pembelajaran, Kuis Asik Dengan Quizziz dan Google Form, Pembuatan Video Pembelajaran Menggunakan Camtasia, dan Pemanfaatan Discord Untuk Pembelajaran.
Dengan memanfaatkan Radio Pertanian Ciawi (RPC) sebagai studio shootingnya acara tersebut dilaksanakan pada pukul 08, 00 – 10. 00 WIB dan Pk. 13.00 – 15.00 WIB. dengan metode ngobrol atau podcast.(Cecep Idr/RG/PPMKP)