You are currently viewing Telah Lahir P4S Ngremboko Di Jepara Siap Ramaikan Kancah Pertanian

Telah Lahir P4S Ngremboko Di Jepara Siap Ramaikan Kancah Pertanian

Ciawi Bogor – PPMKP : Pusat Pelatihan Pertanian Perdesaan Swadaya (P4S) Ngremboko Kecamatan Tahunan kabupaten Jepara yang merupakan P4S penumbuhan binaan Pusat Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian (PPMKP) berdiri atas keinginan dan dorongan masyarakat 12 desa yang ada di kecamatan Tahunan kabupaten Jepara.
Dituturkan Ali Mustopa Sekretaris P4S melalui telepon pendirian P4S ini awalnya adalah paguyuban – paguyuban petani yang sering mendapatkan program pelatihan dari dinas setempat.
“ Dari situlah terpikir program dari dinas ini membutuhkan suatu wadah untuk melaksanakan pelatihan secara berkesinambungan, swadaya dan mandiri, “ tuturnya Rabu, (11/09).
Ditengah konsep kreatif wilayah yang selama ini didominasi oleh industri yakni meubel kata Ali ada potensi pertanian yang sangat besar bisa dikembangkan yakni Tabulampot.
“ Sebagai bagian dari daerah industri meubel dan berdiri disisi pantai, kami berpikir bagaimana generasi kami bisa tumbuh sehat dengan pertanian yang dihasilkan sendiri, “ katanya.
Sebagai P4S penumbuhan, Ia dan pengelola P4S Ngremboko saat ini terus berupaya mengembangkan P4Snya dengan selalu mencari peluang untuk supaya roda organisasi terus berjalan. Diantaranya dengan mengikutsertakan anggota/pengelola pada berbagai kegiatan pelatihan dan berpartisipasi dalam pameran – pameran, seperti yang dilakukan baru – baru ini yaitu turut memeriahkan Expo Jepara Innovation 2019 yang digelar KKN Unisnu Jepara pada 31 Agustus – 01 September. Diajang tersebut P4S memamerkan tabulampot yang dijadikan unggulan
“ Setiap anggota P4S wajib memiliki tanaman buah dipekarangan dalam bentuk tabulampot minimal lima pot. Hal ini untuk bahan jika ada kegiatan pameran, “ terangnya.
Sebagai sekretaris, Ia sendiri aktif dalam pembuatan pestisida nabati dan hayati didesa Mantingan yang menjadi embrio tumbuhnya P4S Ngremboko. Sementara pengelola lain mengelola lahan pertanian dengan komoditas padi, jagung dan peternakan skala rumahtangga.
Sesuai dengan namanya jelas Ali, P4S Ngremboko siap untuk tumbuh dan berkembang meramaikan kancah pertanian didaerahnya dengan berbagai program pelatihan Pembuatan pupuk organik padat, cair dan hayati, pembuatan pestisida nabati dan hayati, pembuatan pakan alternative ternak dan ikan, perbanyakan vegetative tanaman (sambung, okulasi, dll), budidaya tabulampot, teknik perbenihan dan pengolahan hasil pertanian.
“ Fasilitator/pengajar sudah siap baik dari P4S maupun dari luar. Dari luar para Purnabhakti dari Dinas Pertanian kabupaten Jepara juga siap membantu, “ jelasnya. (RG/PPMKP)