You are currently viewing SMPN 5 Kota Bogor Deklarasikan Program Sekolah Ramah Anak

SMPN 5 Kota Bogor Deklarasikan Program Sekolah Ramah Anak

Kepala Sekolah SMPN 5 Kota Bogor, Warsadi

wartapakwan.co.id, BOGOR BARAT – Dalam upaya menjaga kebersihan lingkungan dan kesehatan di sekolah, SMP Negeri 5 Bogor deklarasikan program sekolah ramah anak.

Hal itu disampaikan Kepala Sekolah SMPN 5 Kota Bogor Warsadi, menurutnya program yang ia luncurkan tersebut bakal dilombakan dengan tema “lomba sekolah sehat” dan akan dikuti oleh sejumlah sekolah di Kota Bogor dengan dasar lomba Trias UKS.

“Kita ingin menjadi sekolah yang ramah anak maka kita deklarasikan bahwa seluruh sekolah wajib mendukung program sekolah SMP Negeri 5 Bogor sebagai sekolah ramah anak,” tuturnya saat ditemui wartapakwan.co.id, Sabtu (12/01).

Ia pun membeberkan lomba sekolah tersebut akan dinilai berdasarkan Trias UKS, dengan meliputi tiga hal, pertama pendidikan kesehatan, kedua pelayanan kesehatan dan yang ketiga adalah pembinaan lingkungan sekolah sehat.

“dari sisi pendidikan seluruh warga sekolah itu harus menguasai tentang pendidikan kesehatan, khususnya yang berkaitan dengan kesehatan remaja dan sisi pelayanan kesehatan. Bagaimana sekolah dapat memberikan layanan kesehatan kepada seluruh warga sekolah khususnya adalah kepada anak-anak sekolah dan yang ketiga pada pembinaan lingkungan sekolah sehat,” bebernya.

Lebih jauh ia menjelaskan, bahwa sekolah harus dapat menciptakan lingkungan sekolah-sekolah yang memungkinkan sehingga didalamnya tercipta lingkungan yang sehat agar anak-anak dapat berkembang secara optimal dan terhindar dari berbagai macam penyakit.

Meski sebelumnya Pemerintah pusat melalui Kementerian pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak telah meluncurkan program yang serupa, akan tetapi program yang diluncurkan SMPN 5 merupakan program tersendiri walaupun masih mempunyai kaitan.

“sekolah ramah anak itu sebetulnya program yang tersendiri walaupun mempunyai kaitan dengan sekolah sehat. Jadi sekolah ramah anak itu adalah program yang diluncurkan oleh pemerintah pusat,”imbuhnya.

Reporter : Erik Sahuleka
Editor      : Bambang Supriyadi