You are currently viewing Siti Munifah Harapkan Setelah Latsar CPNS  Bekerja Dengan Menerapkan Tiga Hal Ini
Siti Munifah

Siti Munifah Harapkan Setelah Latsar CPNS  Bekerja Dengan Menerapkan Tiga Hal Ini

Keterangan Foto : Dr. Ir. Siti Munifah, M.Si Sekretaris Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian saat menyampaikan keterangan di acara Penutupan Latsar CPNS Gol.III Angkatan 13,14,15 dan 16 Kementan.

 

Ciawi Bogor – PPMKP          :  Setelah menjalani  masa Pelatihan Dasar (Latsar) selama kurang lebih 51 hari kerja  sejak 15 Juni 2019 hari ini Kamis (15/8)  adalah hari yang istimewa bagi 160 CPNS golongan III angkatan 13, 14, 15 dan 16 Kementerian Pertanian (Kementan) hasil rekrutmen tahun 2018. Bagaimana tidak, dihari inilah mereka mendapatkan kepastian berhasil atau tidaknya upaya mereka mengikuti 511 Jam Pelajaran (JP) on dan off Campus didapatkan.

Pengumuman disampaikan Eri Herlina Kepala Seksi Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Bidang Penyelenggaraan Pelatihan Pusat Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian (PPMKP) dalam acara penutupan. Dengan nilai terendah 83,90 dan tertinggi 91,76 mereka dinyatakan lulus 100%.  Wajah cerah langsung terpancar dari wajah–wajah yang awalnya tegang menanti pengumuman kelulusan.

“ Terimakasih kepada Widyaiswara, para coach, mentor dan seluruh panitia yang selama ini telah berupaya keras memfasilitasi dan membimbing hingga kami berhasil lulus, “ ujar Elwan peserta asal Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Manokwari Papua yang didaulat menyampaikan kesan dan pesan mewakili peserta.

Ia melanjutkan dalam pelatihan ini dirinya dan peserta Latsar lainnya benar–benar belajar arti kata disiplin yang menurutnya sangat mudah dalam teori tetapi sulit dalam pelaksanaan.

“ Pada awalnya sulit sekali menerapkan disiplin tetapi dengan bimbingan WI, fasilitator dari TNI, dan panitia, akhirnya kami bisa menerapkan kedisiplinan, “ tuturnya.

Dengan bekal ilmu dari Latsar ini Ia mengajak semua CPNS angkatan ini untuk menerapkan hal – hal baik yang didapat dalam melaksanakan tugas di instansi masing-masing

Sementara itu Sekretaris Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Siti Munifah yang dimintai keterangan usai penutupan menyampaikan tahun 2019 sudah ditetapkan sebagai tahun membangun SDM, selain infrastruktur. Sehebat apapun infrastruktur dibangun jika SDMnya tidak dibangun maka tidak bisa dilakukan dengan baik terkait maintenance maupun terkait menjadikan SDM ini kapabel, memiliki kapasitas yang baik, lebih professional, mandiri dan berdaya saing.

“ Lulusan Latsar CPNS tahun 2019 ini diharapkan mampu menjalankan tugas – tugasnya sesuai amanah untuk bisa bekerja secara professional, mandiri dan berdaya saing, “ terangnya.

Iapun berharap alumni Latsar ini dalam bekerja menerapkan pula tiga hal dalam rangka menjawab tantangan revolusi industry 4.0 yaitu bekerja harus cepat, kolaboratif, memanfaatkan ICT dan IPTEK. (RG/PPMKP)