You are currently viewing Siswa SMPIT Amalia Cibinong Belajar di Kebun Bibit Sukahati

Siswa SMPIT Amalia Cibinong Belajar di Kebun Bibit Sukahati

Kunjungan siswa SMPIT Amalia ke Suka hati edutainment.

Wartapakwan.co.id, CIBINONG – Sebanyak 65 siswa Kelas 9 SMP Islam Terpadu (IT) Amalia Cibinong mengikuti pelatihan perkembangbiakan Tanaman di Kebun Bibit Sukahati Edutainment RT 03/04, Kelurahan Sukahati, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor. Kamis (25/10).

kegiatan pelatihan tersebut bertujuan untuk mengajak siswa agar mencintai menanam pohon dan juga memiliki keterampilan khusus dalam perkembangbiakan tanaman agar nantinya dapat menciptakan peluang bisnis yang baru.

Ketua pelaksana pelatihan, Ruslan mengatakan, Untuk teknis pengajaran para siswa mempraktekan langsung diperkebunan bagaimana cara perkembangbiakan tanaman.

” Para siswa kami ajarkan bagaimana bercocok taman dengan cara stek, cangkok, okulasi, sambung serta merunduk.” Ujar Ruslan kepada wartapakwan. co.id.

Ruslan berharap, Dengan pelatihan Tersebut dapat melahirkan praktisi-pratisi agrobisnis baru. Menurutnya, Indonesia sebagai negara agrari yang harus memepresiapkan diri bersaing dengan negara-negara tetangga (Asia Tengara) dalam bidang agrobisnis.

“Saya harap pelatihan ini dapat menumbuhkan kecintaan remaja sejak dini yang nantinya menjadi pelaku usaha agrobisnis yang handal.” Harapnya.

Sementara itu Guru IPA SMPIT Amalia Cibinong Ade Nurdamayanti menjelaskan, Pelatihan ini termasuk dari salah satu materi pembelajaran Ilmu pengetahuan alam yakni tentang perkembangbiakan tumbuhan secara generatif dan vegetatif baik alami maupun buatan.

“Pelatihan ini sangat bermanfaat untuk menambah wawasan pengetahuan mengenai dunia tanaman. Selain itu juga pelatihannya ini dikemas secara menarik, sehingga para siswa tidak jenuh untuk mengikuti pelatihan ini.” kata Ade Nurdamayanti.

Selain itu masih kata Ade, Para siswa diperkenalkan macam-macam pohon buah-buah yang mungkin para siswa belum mengenal serta melihat langsung pohon, dari buah yang mereka makan.

” Dalam pelatihan ini para siswa melakukan praktek secara langsung bagaimana cara menyambung tanaman alpukat jenis bahagiawati.” Lanjut Ade .

Ade Nurdamayanti menambahkan, Anak-anak merespon secara positif dengan adannya pelatihan perkembangbiakan tumbuhan tersebut.

” Mereka sangat senang karena selain dapat mengamati dan peraktek langsung juga mendapatkan tanaman apukat dari hasil praktek untuk dibawa pulang.” pungkas Ade. (wartapakwan.co.id / Irex).