You are currently viewing Siapkan Bantuan Untuk P4S , PPMKP Lakukan Seleksi

Siapkan Bantuan Untuk P4S , PPMKP Lakukan Seleksi

 

Ciawi Bogor—PPMKP : Dalam rangka pembinaan untuk penumbuhkembangan Pusat Pelatihan Pertanian Perdesaan Swadaya (P4S), Pusat Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian (PPMKP) Ciawi Bogor melakukan seleksi kepada P4S calon penerima bantuan pemerintah tahun 2021diwilayah provinsi DKI Jakarta dan Jawa Tengah.

Hal ini sejalan dengan arahan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi.

Ia mengatakan pemerintah terus berupaya untuk memberdayakan P4S melalui pembinaan secara berkesinambungan, baik dari aspek manajemen pelatihan/permagangan, maupun pengembangan usaha.

“ Kapasitas pengelola P4S pada umumnya masih perlu ditingkatkan. Mengingat peran P4S sangat strategis dalam mempercepat proses pembangunan pertanian dan perdesaan, maka pemerintah terus berupaya melakukan pembinaan,” ucap Dedi.

Demikian halnya dengan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Ia menilai P4S punya potensi sebagai tempat penumbuhan regenerasi petani muda.

“Bersama P4S dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan serta membentuk sikap positif petani muda terhadap perkembangan teknologi yang berorientasi agribisnis dan berbasis kearifan lokal, membimbing penerapan teknologi kepada petani muda dengan metode belajar melalui bekerja,” katanya.

Bantuan yang diberikan disesuaikan dengan pengajuan oleh P4S dengan mempertimbangkan bahwa yang diajukan adalah sarana prasarana yang mendukung terhadap kegiatan pelatihan/ pembelajaran.

Kepala PPMKP Yusral Tahir mengatakan, seleksi perlu dilakukan agar bantuan yang diberikan tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan P4S.

“ Untuk tahapan penyerahan bantuan kami sesuaikan dengan lampiran keputusan Kepala BPPSDMP No. 241/2020 tentang Petunjuk Teknis Penyaluran Bantuan Pemerintah Lingkup BPPSDMP, “ katanya, Kamis (08/04/2021).

Proses diawali dengan melakukan verifikasi terhadap usulan proposal selanjutnya seleksi terhadap P4S yang telah mengajukan proposal permohonan bantuan.

Terdapat 22 P4S yang mengajukan proposal, dari jumlah tersebut akan dipilih 11 P4S yang dinilai memenuhi kriteria sebagai penerima bantuan yang kemudian akan dituangkan dalam surat keputusan Kepala PPMKP.

Dalam seleksi yang dilakukan virtual P4S calon penerima bantuan didampingi wakil dari dinas. Pertanyaan yang disampaikan menekankan pada komitmen keberlanjutan kegiatan dan program pelatihan, usaha, lahan, jejaring kerja dan pemanfaatan bantuan yang diajukan.(Regi/PPMKP).