Sekjen Kementan : Latsar Ajang Menumbuhkembangkan Motivasi

Publikasi

Ciawi Bogor – PPMKP : Pelatihan Dasar (Latsar) pada intinya adalah untuk menumbuhkembangkan motivasi sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS). Motivasi ini diterjemahkan dalam nilai – nilai Kementerian Pertanian (Kementan) KKPID (Komitmen, Keteladan, Profesional, Integritas dan Disiplin).
Demikian diungkapkan Momon Rusmono Sekretaris Jenderal Kementan saat menutup Latsar CPNS Kementan Angkatan 23,24,25,26 di Pusat Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian (PPMKP), Sabtu (14/9).
“ Motivasi harus muncul, begitu keluar dari Latsar harus muncul motivasi yang kuat ingin membangun pertanian yang maju, karena kalau pertanian maju pasti bangsa berjaya, kuncinya ada di SDM yang unggul “ ungkapnya.

Keterangan Foto : Foto Bersama Sekjen Kementan Dr. Ir. Momon Rusmono, MS dengan Kepala PPMKP, Ir. Heri Suliyanto MBA, Widyaiswara dan perwakilan peserta, pada penutupan Latsar CPNS Kementan Angkatan 23, 24, 25, 26.

Momon menegaskan motivasi diawali dari komitmen, yang harus dimiliki oleh PNS. Karena komitmen sama dengan cita – cita dan janji diri kepada Allah Subhanahuwata’ala.
“PNS tidak memiliki komitmen turun saja jadi PNS. “ tegasnya.
Ia menambahkan selain keteladan, professional yaitu keharusan memiliki kompetensi, pengetahuan, keterampilan dan sikap yang tak kalah penting harus dimiliki PNS adalah manajemen sosial kultural kemampuan berinteraksi , bergaul dengan beda suku, agama dan pandangan.
” PNS seperti ini yang dibutuhkan. Pelihara kebersamaan, kemitraan, hubungan yang baik, karena suatu saat kalian akan merasakan manfaatnya,’ tuturnya,
Ia melanjutkan pada arahan Presiden Joko Widodo bahwa tahun 2019 ini dicanangkan sebagai tahun pembangunan sumber daya manusia, Presiden menekankan pembangunan SDM diawali dari bayi dalam kandungan ibu, balita sampai dewasa. Untuk itu pemenuhan gizi sangat berpengaruh pada persiapan SDM bermutu. Apabila gizi terpenuhi akan berdampak pada terwujudnya SDM unggul.
“ Ini adalah tugas kita di Kementan. Bagaimana menyediakan pangan, sehingga pangan bisa dipenuhi dan terjangkau oleh masyarakat, “ jelasnya.
Untuk bisa berkontribusi, Momon berpesan agar para CPNS terus meningkatkan potensi diri. yang sudah melekat pada diri manusia.(RG/PPMKP)