You are currently viewing Sebanyak 35.367 ribu Kendaraan Memadati Kawasan Wisata Puncak

Sebanyak 35.367 ribu Kendaraan Memadati Kawasan Wisata Puncak

wartapakwan.co.id, GADOG – Sebanyak 35.367 ribu kendaraan menuju kawasan wisata puncak sejak pukul 06.00 WIB terpantau padat hingga terjadi antrian mencapai empat kilometer, Minggu (30/11).

“Volume kendaraan dari Jakarta mengarah ke Puncak sudah meningkat sejak pagi tadi. Ini terjadi karena Hotel dipuncak banyak yg menggunakan sistem paket tahun baru sehingga hari ini merupakan waktu masuknya,” papar Kasatlantas Polres Bogor, Hasby Ristama.

Dikabarkan sebelumnya, terdapat sejumlah titik yang diperkirakan akan menjadi pusat kemacetan di sepanjang jalur puncak diantarannya, simpang Pasir Muncang, simpang Pasir Angin, simpang Mega Mendung, simpang Taman Wisata Matahari, simpang Taman Safari, dan simpang Warung Kaleng yang harus di hindari oleh para pengguna jalan. Pasalnya kawasan tersebut terdapat banyak villa dan penginapan.

Sementara dari pantauan Gerbang Tol Ciawi volume kendaraan yang kembali menuju Jakarta mencapai 26.030 ribu kendaraan, Sabtu (29/12) kemarin.

Untuk mengurai kemacetan panjang itu, pihaknya memberlakukan sistem satu arah (oneway) dari arah Jakarta menuju kawasan Puncak lebih awal dari jadwal biasanya yaitu mulai pukul 07.00 WIB.

“Tadi kita sudah lakukan satu arah ke atas (Puncak) lebih awal karena volume kendaraan terus meningkat. Satu arah ini kita lakukan sampai pukul 12.30 WIB namun sifatnya situasional,” jelas Hasby.

Petugas yang dikerahkan sejumlah 250 orang terdiri dari Lantas, sabara maupun anggota Polsek ciawi, Megamendung maupun Cisarua Puncak.

Hasby pun mengimbau agar masyarakat yang hendak menuju Cianjur, Cibodas, Ciloto, Taman bunga maupun ke Bandung dan sekitarnya untuk menggunakan jalur alternatif via Jonggol maupun Sukabumi.

Selain itu, malam menjelang pergantian tahun pada 20.00-01.00 WIB kegiatan doa bersama keagamaan di mesjid attaun.

“Diharapkan masyarakat menghindari jalur tersebut karena akan terjadi kepadatan. Dan gunakan jalur altenatif yg disiapkan oleh petugas jonggol dan sukabumi dan yang akan melakukan perjalanan dari Bogor menuju Cianjur menggunakan jalur alternatif melalui jalur Jonggol, Cileungsi dan Cibubur maupun Tol bocimi via sukabumi,” ungkapnya.
(Benkz/wartapakwan.co.id)