You are currently viewing Satnarkoba Polres Bogor Bekuk 2 Tersangka Penyalahgunaan Narkotika, Satu Pelaku Melarikan Diri

Satnarkoba Polres Bogor Bekuk 2 Tersangka Penyalahgunaan Narkotika, Satu Pelaku Melarikan Diri

wartapakwan.co.id, CIBINONG – Jelang natal, tahun baru serta pesta demokrasi Polda Jawa Barat melaksanakan operasi kepolisian degan sandi operasi Lodaya Antik (anti narkotik) 2018 yang dimulai dari 23 November hingga 2 Desember 2018.

Dalam pelaksanaan operasi tersebut Satnarkoba Polres Bogor berhasil mengungkap satu kasus terkait lahan pembibitan dan penanaman ganja dan katinon yang ditemukan didua lokasi berbeda di wilayah Kabupaten Bogor.

Kapolres Bogor AKBP A.M Dicky mengatakan, proses pembibitan dan penanaman narkotika jenis ganja ditemukan di lahan milik perhutani yang tersembunyi di kaki gunung mas.

“Ada kecambah tanaman Narkotika Gol 1 Jenis Ganja, di TKP juga ada sekitar 300 meter persegi dan kita masih amankan dan kita akan sita lalu proses pembibitan dirumah salah satu tersangka juga sudah kita amankan,” tuturnya pada wartapakwan.co.id, saat konfrensi pers di Mapolres Bogor, Jumat (30/11).

Hasil dari penyisiran, dilokasi yang berbeda kepolisian juga menemukan tanaman narkotika jenis katinon yang ditemukan di Kampung Ciburial Coklat Rt.04/05, Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, milik HS (85).

“Untuk katinon itu sudah ditanam sekitar 100 meter persegi dengan 227 batang nah ini tentunya akan diproses lagi untuk digunakan sebagai narkotika,”.

Sementara itu, Kasatnarkoba AKP Andri Alam memaparkan dalam operasi antik 2018 pihaknya telah mengungkap dua puluh delapan kasus serupa dengan tiga puluh tersangka yang mayoritas pengedar dan bandar.

“Yang namanya operasi kepolisian itu adalah operasi yang ditingkatkan, jadi kegiatan-kegiatan yang sifatnya biasa menjadi luar biasa karena dilaksanakan operasi selama sepuluh hari sisa dua hari,” paparnya.

Dari tangan pelaku kepolisian mengamankan sejumlah barang bukti berupa 122 bungkus pot pembibitan ganja, 3 (tiga) batang pohon tanaman Narkotika Gol 1 Jenis Ganja, 7 (tujuh) buah kecambah tanaman Narkotika Gol 1 Jenis Ganja, 11 (sebelas) batang pohon tanaman Narkotika Gol 1 Jenis Ganja masing-masing didalam plastik polibek, tumbuhan jenis kat / katinona sejumlah -/+ 227 (dua ratus dua puluh) batang dan lahan lokasi taman sekitar +/- 50 m2.

Akibat dari perbuatannya pelaku dijerat undang-undang Narkotika pasal 114 dengan ancaman hukuman penjara maksimal 15 tahun atau penjara seumur hidup dan denda minimal 1 milyar.
(benkz/wartapakwan.co.id)