You are currently viewing Resmi, Kepala BPPSDMP Kukuhkan 50 P4S Penumbuhan Binaan PPMKP

Resmi, Kepala BPPSDMP Kukuhkan 50 P4S Penumbuhan Binaan PPMKP

 

Kementerian Pertanian melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian mengukuhkan 50 Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) penumbuhan binaan Pusat Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian (PPMKP) Ciawi secara resmi, 27/12/2021.

Penumbuhan P4S wilayah Jawa Tengah ini telah melalui proses klasifikasi terhadap calon P4S yang telah diusulkan oleh dinas pertanian setempat. Pada proses klasifikasi, calon P4S dinilai kesiapan sarana prasarana, kelembagaan, penyelenggaraan pelatihan/ permagangan ketenagaan, dan pengembangan usaha dan jejaring kerja. Dari proses tersebut, diterbitkanlah sertifikat sesuai kelas P4S yaitu pratama, madya, atau utama.

Pada kesempatan yang sama, bertempat di Balai Besar Peternakan dan Kesehatan Hewan Cinagara, dilakukan pula penyerahan sertifikat secara simbolis dari Kepala BPPSDMP, Dedi Nursyamsi kepada Kepala PPMKP, Yusral Tahir.

Sebagai pembina P4S di wilayah Jawa Tengah dan DKI Jakarta, Yusral Tahir mengaku bangga dan menyambut baik para pengelola P4S penumbuhan ini. Yusral mengajak P4S untuk turut serta dalam pembangunan pertanian di wilayahnya.

Pengukuhan sekaligus penyerahan sertifikat sebagai simbol legalitas P4S selaku lembaga pelatihan dan pembelajaran pertanian swadaya di perdesaan, merupakan upaya BPPSDMP dalam mengakselerasi pembangunan pertanian.

Kepala Badan BPPSDMP, Dedi Nursyamsi mengatakan bahwa gerakan pembaharuan desa adalah dasar dari gerakan pembangunan pertanian nasional.

“Gerakan pembaharuan pedesaan bukan hanya untuk memenuhi kebutuhan pangan tetapi juga sandang dan papan. Pembangunan pertanian harus dimulai dari pembaharuan P4S di seluruh pelosok tanah air!”, tegas Dedi.

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo mengatakan Kementerian Pertanian akan terus meningkatkan kualitas SDM pertanian dan membuat sektor pertanian menjadi lebih menarik serta menguntungkan.

“Pertanian kita harus maju, mandiri, dan modern sehingga keluarga petani semakin sejahtera, pertanian juga harus bisa menarik minat generasi muda sebagai profesi yang menjanjikan”, jelas Mentan SYL.

Selain 50 P4S penumbuhan binaan PPMKP yang dikukuhkan, dalam kesempatan yang sama dikukuhkan pula 130 P4S lainnya yang berasal dari berbagai daerah di seluruh Indonesia. Total keseluruhan P4S yang dikukuhkan BPPSDMP sebanyak 180 P4 , terdiri atas 122 penumbuhan dan 58 reklasifikasi. Jika diakumulasikan terdapat 1.452 P4S nasional di bawah binaan Kementerian Pertanian (Nita/Osi/PPMKP).