You are currently viewing Presiden Jokowi Ajak Masyarakat Pandeglang Tanggap Bencana

Presiden Jokowi Ajak Masyarakat Pandeglang Tanggap Bencana

Presiden Jokowi saat kunjungi SD Negeri Panimbangjaya 01, Pandeglang, Senin (18/02). Foto|Setpress.

wartapakwan.co.id, PANDEGLANG – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan masyarakat soal kondisi Indonesia yang rawan bencana karena dikelilingi cincin api. Hal itu disampaikan saat dirinya menghadiri apel Kampung Siaga Bencana yang berlangsung di Lapangan Desa Tanjung Jaya, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Banten, Senin (18/2/2019).

Sebelumnya, Jokowi menyaksikan simulasi bencana gempa yang dilakukan siswa SD Negeri Panimbangjaya 01, Pandeglang.

Dalam sambutannya, Jokowi mengingatkan soal kesiapsiagaan masyarakat akan datangnya bencana.

“Karena negara kita Indonesia ini dilewati jalur yang namanya cincin api sehingga banyak daerah yang rawan gempa,” ucapnya.

Juga, lanjut Jokowi, ada daerah rawan banjir, rawan longsor, ada beberapa daerah rawan tsunami dan bencana lainnya, jelas Jokowi.

Ia mengatakan kesadaran masyarakat akan bencana sangat penting, terutama di wilayah yang rawan bencana.

Salah satu upaya menyadarkan kesiapsiagaan bencana yakni dengan program Taruna Tanggap Bencana (Tagana) Masuk Sekolah. Kesadaran itu harus ditanam sejak dini.

“Saya hanya ingin memastikan mendidik anak-anak di kampung ini berjalan benar karena kita tidak tahu kapan bencana datang,” katanya.

Jokowi pun berharap program serupa juga banyak dilakukan di sekolah lain yang ada di daerah rawan bencana.

“Tugas kita semuanya memberi tahu agar kita betul-betul siap menghadapi setiap bencana yang ada. Jangan sampai kita enggak siap, nggak ngerti apa yang harus kita lakukan sehingga korban jadi banyak,” jelasnya.

Editor : Bambang Supriyadi