You are currently viewing PPMKP Siap Laksanakan Reklasifikasi P4S Binaan

PPMKP Siap Laksanakan Reklasifikasi P4S Binaan

Keterangan foto ; Osi Wida Rosita,SP, MAP, M.IDS ,kepala seksi Program dan Kerjasama Bidang Progran dan Evaluasi PPMKP.

 

Ciawi Bogor – PPMKP : Pusat Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian (PPMKP) akan melaksanakan reklasifikasi Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) binaan. Kegiatan ini akan melibatkan sebanyak 175 P4S yang telah terdaftar dan tersebar di wilayah provinsi Jawa Tengah dan DKI Jakarta. Hal ini diungkap Osie Wida Rosita Kepala Seksi Program dan Kerjasama. Rabu(15/5).
Lebih jauh Osi mengatakan kegiatan ini akan berlangsung selama tiga bulan sampai Juli mendatang dengan metode menyebar kuesioner dan interview langsung ke pengelola P4S oleh para petugas enumerator yang terdiri dari Widyaiswara, Pejabat Struktural, Tim Pokja dan Fungsional Umum.
Ia menjelaskan reklasifikasi P4S merupakan proses penilaian kembali berdasarkan standar yang telah ditetapkan. Penilaian dilaksanakan berdasarkan kriteria atau tolok ukur persyaratan minimal yang harus dipenuhi untuk menentukan klasifikasi P4S. Reklasifikasi inipun bertujuan untuk mendata ulang P4S. Dalam kegiatan ini akan kembali dilihat P4S mana yang masih aktif melaksanakan kegiatan, pelatihan dan permagangan dan mana yang non aktif.
“ Yang paling utama dilihat adalah apakah ia masih melaksanakan kegiatan pelatihan. Karena ruh P4S adalah melaksanakan pelatihan atau permagangan baik untuk masyarakat disekitarnya maupun masyarakat luar wilayahnya, “Jelasnya.
Dia mengatakan apabila P4S non aktif inipun harus dilihat apa penyebabnya sehingga bisa dimotivasi untuk bisa aktif kembali. Dan untuk yang sama sekali sudah tidak bisa diaktifkan kembali maka akan dihapus dari database P4S. Osi melanjutkan sesuai dengan yang ada di Permentan 33/2016 Klasifikasi Kelembagaan Pelatihan Pertanian Swadaya didasarkan pada pelaksanaan peran Kelembagaan Pelatihan Pertanian Swadaya,dalam ruang lingkup penumbuh kembangan kader tani di perdesaan penyelenggaraan pelatihan/permagangan bagi Pelaku Utama dan/atau Pelaku Usaha dan penyuluhan swadaya, terbagi menjadi 4 (empat) kelas yaitu Kelas Pratama, , Kelas Madya, Kelas Utama dan Kelas Aditama.
“ Data hasil kegiatan reklasifikasi ini akan diolah dan nanti akan menghasilkan nilai yang merujuk pada kelas dari P4S, “ terangnya. Ia menambahkan dari hasil reklasifikasi ini bisa saja ada P4S yang naik kelas atau sebaliknya turun kelas*(RG/PPMKP)