PPMKP Jadikan Idul Adha sebagai Momen Belajar Keikhlasan

Publikasi

Ciawi – Bogor. Hari Raya Idul Adha mengajarkan umat Islam untuk berbagi dengan tulus dan penuh keikhlasan. Kepala Pusat Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian (PPMKP) Ciawi, Yusral Tahir mengatakan momen Idul Adha memberikan kita pelajaran tentang keikhlasan.

“Banyak pelajaran yang harus kita ambil dari momen idhul adha ini, salah satunya keikhlasan kita untuk berkurban atau bersedekah atas pada yang paling kita cintai”, ucap Yusral membuka kegiatan penyembelihan hewan kurban yang diselenggarakan oleh PPMKP, Rabu 21 Juli 2021.

 “Kita dapat mengambil pelajaran dari kisah Nabi Ibrahim AS, dimana beliau rela menyembelih anak yang paling dicintainya atas perintah Allah, hikmah yang bisa kita ambil yaitu jangan terlalu mencintai sesuatu karena semua yang ada di dunia ini milik sang pencipta dan kita semua akan kembali pada-Nya”. Jelas Yusral.

Lebih lanjut, Yusral menjelaskan bahwa sebaiknya kita harus bersyukur atas apa yang kita miliki, “Jadi bersyukurlah jika kita memiliki sesuatu, ya kita bersyukur saja tetapi tidak usah berlebihan. Dengan bersyukur Allah pasti akan menambah nikmat kita”, ungkapnya.

Dengan mengangat tema “Kurban Berkah, Berbagi di Tengah Pandemi”, Kegiatan penyembelihan hewan kurban dilaksanakan dengan tetap menerapkan prortokol kesehatan di pelataran masjid Al Huda.

Shohibul Qurban (sebutan untuk orang yang melakukan ibadah kurban) merupakan pegawai PPMKP dan masyarakat sekitar, berpartisipasi dalam menyerahkan tiga ekor sapi dan dua ekor kambing untuk DKM Al Huda. Sebanyak 582 paket daging kurban diserahkan untuk warga yang membutuhkan di sekitar lingkungan PPMKP, antara lain Kampung Jerorante Nono, Jerorante, Poncol, Pilar, dan Lebak Pilar.

Suganda, warga kampung Poncol mengapresiasi kegiatan ini, “Saya sangat berterimakasih, dan pastinya sangat berkah mendapat daging qurban setiap tahunnya dari masjid Al Huda dan PPMPKP.” Seperti diketahui bahwa PPMKP selalu menyelenggarakan penyembelihan hewan kurban.

Menurut Henny Kurniasari, salah satu panitia sekaligus pengurus Dewan Kemakmuran Masjid Al Huda menyampikan bahwa kegiatan dapat diselenggarakan dengan baik, atas kerjasama tim dan dukungan dari semua pihak. Ketua RT juga dilibatkan dalam pembagian daging kurban sehingga kegiatan dapat berjalan degan tertib, tanpa kerumunan jelasnya.

“Harapan ke depan semoga yang berqurban lebih banyak lagi. Sehingga bertambah lagi kampung yang dapat menerima daging kurban.” Ajak Heni di akhir kegiatan.

 Nita/ Osi WR/ PPMKP