PPMKP Gelar Coaching Blended Learning PBJ

Publikasi

Keterangan Foto : Suasana coaching Blended Learning PBJ oleh LKPP di PPMKP Ciawi Bogor.

 

Ciawi Bogor – PPMKP      :         Bekerjasama dengan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Pusat Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian  (PPMKP) menggelar coaching Ujian Sertifikasi Pengadaan Barang Jasa Pemerintah dengan metode Blended Learning , jum’at (13/9).

Okto Army Kepala Sub Bidang Diklat Teknis LKPP mengatakan  blended learning menggabungkan keunggulan metode pembelajaran tatap muka dan secara daring (online) untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Okto menjelaskan Blended Learning  dalam pelaksanaannya di bagi menjadi dua tahapan, tahap pertama yaitu E-Learning ( Belajar Secara Online ),  disini para Peserta dapat mendownload peraturan-peraturan tentang PBJ,  Modul, Slide, Video, dan mengikuti sesi Synchoronous ( chating bersama Narasumber ).

Tahap kedua  kata Okto belajar di kelas, peserta mengikuti pelatihan / review materi yg telah di pelajari selama dua hari untuk mempersiapkan diri mengikuti ujian sertifikasi PBJ tingkat Dasar.

“ Untuk dapat mengikuti kelas tatap muka maka semua peserta diwajibkan untuk mengikuti kelas E- Learning dan lulus dengan passing grade 80, “ jelasnya.

Okto menjelaskan dalam sistem blended learning ini kelas tatap muka hanya akan berlangsung selama dua hari pelatihan dan satu hari ujian.

Tentang mengapa LKPP menerapkan skema blended learning dikatakannya untuk memperkuat SDM di bidang pengadaan barang/jasa, baik dari sisi jumlah maupun kompetensi. Sejak diterapkan awal 2019  metode ini  berhasil meningkatkan  tingkat kelulusan ujian sertifikasi tingkat dasar ,  sehingga diharapkan  dengan metode ini dapat memenuhi kebutuhan SDM pengadaan yang kompeten di akhir tahun 2023.

Coaching yang dilaksanakan di Lab Komputer PPMKP diikuti pegawai lingkup PPMKP digelar  berkaitan dengan persiapan PPMKP melaksanakan  Pelatihan dan Ujian Sertifikasi Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah dengan metode blended learning  pada tanggal 1 – 4 Oktober mendatang. (RG/PPMKP)