You are currently viewing Peserta Latsar CPNS Non Kementan Gantikan Pegawai Jadi Petugas Upacara

Peserta Latsar CPNS Non Kementan Gantikan Pegawai Jadi Petugas Upacara

Ciawi Bogor – PPMKP : Memperingati Hari Pendidikan Nasional ( Hardiknas) lingkup Pusat Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian (PPMKP) menjadi ajang untuk para peserta Pelatihan Dasar CPNS Gol. III Non Kementerian Pertanian. unjuk kemampuan dihadapan pegawai PPMKP, Pelatih dan Widyaiswara.
Upacara bendera yang digelar Kamis (2/5) di Lapangan Upacara PPMKP, semua petugasnya adalah peserta yang sedang mengikuti Pelatihan Dasar CPNS Gol. III Non Kementerian Pertanian. Mereka berasal dari Bakamla, Badan Informasi Geospasial (BIG) Badan Standarisasi Nasional (BSN), BPOM, dan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP). Upacara tentu saja tetap melibatkan seluruh pegawai PPMKP.
Upacara dimulai pukul 07.30 WIB. jika umumnya petugas upacara adalah para pegawai dalam peringatan Hardiknas ini, semua petugas upacara diambil alih oleh peserta Latsar. Mulai dari pemimpin upacara, komandan barisan, pengibar bendera, pembaca teks pembukaan UUD 1945, pembaca Panca Prasetya KORPRI, pembaca doa, dan lainnya dilaksanakan oleh Peserta. Pengibar bendera terdiri dari 16 orang, yang dengan khidmat berhasil mengibarkan bendera dengan baik. Begitupun tim Oubade berhasil membuat peserta upacara “’ baper “ dengan dua lagu yang mereka nyanyikan, Hymne Guru dan Terimaksihku diselingi puisi Untuk Guru.
‘Ïni adalah implementasi dari materi Latihan Baris Berbaris (LBB) yang ada dalam kurikulum Bela Negara, salah satunya Tata Upacara Sipil ,’’ ujar Royani Pelatih Mental, Fisik dan Disiplin.
Pria yang akrab disapa pak Oni ini menuturkan kegiatan LBB TUS adalah satu pembinaan sikap dan prilaku bagi CPNS untuk menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) yg handal dan bermartabat. Ia mengatakan, kegiatan ini diharapkan dapat menjadi inspirasi dan motivasi bagi para peserta agar menjadi lebih disiplin dan lebih mencintai tanah air dalam menjalankan tugas sebagai ASN.
Untuk sisitim seleksi dikatakan Oni diterapkan dengan melihat gerakan meninggalkan tempat pada saat latihan.
“ Ketika latihan PBB pada gerakan meninggalkan tempat kita lihat peserta yang jalannya bagus, itu yang dipilih“ jelasnya. Ia mengaku lega saat peserta Latsar yang dilatihnya setiap hari rabu dan Minggu ini dapat melaksanakan tugas dengan baik.(RG/PPMKP)