You are currently viewing Pertama kali Digunakan Kopassus, Punya Kemampuan Ekstrem untuk Evakuasi di Medan yang Super Berat
Di Indonesia, Hagglund pertama kali digunakan Kopassus untuk melintasi medan super berat. Foto: PMI fot wartapakwan.co.id

Pertama kali Digunakan Kopassus, Punya Kemampuan Ekstrem untuk Evakuasi di Medan yang Super Berat

CIGUDEG, wartapakwan.co.id – Dalam setiap operasi penanggulangan bencana, Hagglund selalu menjadi pusat perhatian dan andalan. Lalu, kendaraan seperti apa sih Hagglund itu? adalah kendaraan yang bisa menembus medan berat untuk evakuasi atau distribusi logistik. PMI sudah beberapakali menurukan Hagglund ketika Bencana  Merapi, Palu bahkan di Bogor ketika bencana longsor di Sukamakmur.

Dalam sejarahnya, Hagglund pertama kali dikenal sebagai kendaraan pendukung militer. Kiprahnya pertama kali dimanfaatkan Angkatan Darat Swedia pada era 1970-an. Roda berantai dan desain yang kokoh disiapkan untuk melaju di medan bersalju.

Saat itu, Hagglund merupakan kendaraan yang mampu membuka jalan untuk membawa kebutuhan logistik. Kemampuan berjalan di darat dan air pun menjadi salah satu keunggulan yang dimiliki kendaraan lapis baja tersebut.

PMI Terjunkan Kendaraan Amfibi Hagglund, Evakuasi 20 Jenazah di Palu.

Di Indonesia, Hagglund pertama kali digunakan Kopassus untuk melintasi medan super berat. Mulai dari darat, medan berawa, berbukit, bebatuan, hingga menyeberangi wilayah perairan.  Kemampuan spesial itulah yang kemudian membuat Hagglund dilirik PMI untuk mengevakuasi korban bencana alam. Termasuk bencana gempa dan tsunami di Palu. (tjahyadi ermawan)