Perpustakaan PPMKP Terus Tingkatkan Koleksinya

News Publikasi

Ciawi Bogor – PPMKP : Sarana dan prasarana yang memadai akan menunjang terbentuknya pelatihan yang berkualitas, sehingga dengan pelatihan berkualitas mampu meningkatkan kompetensi peserta. Pelatihan yang berkualitas melahirkan alumni yang tangguh dan mempunyai intelektualitas yang tinggi. Alumni pelatihan yang berkualitas akan mampu membawa sebuah lembaga pelatihan menjadi lembaga yang terpercaya sebagai kawah candradimuka untuk melahirkan tenaga – tenaga terampil dan pemimpin – pemimpin yang kompeten dan berintegritas. Salah satu unit kerja pendukung pelatihan di Pusat Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian (PPMKP) ialah perpustakaan. Diungkapkan Dessy Rachmaniar Pustakawan PPMKP perpustakaan PPMKP yang memiliki tugas menyediakan materi perpustakaan dan akses informasi saat ini terus bebenah diri menyesuaikan dengan perkembangan teknologi informasi terkini. Sebagai sarana informasi, menurutnya perpustakaan harus mampu menyesuaikan dan mampu menyediakan sumber informasi bagi para pengguna perpustakaan yang disebut pemustaka.
“Penyediaan bahan informasi baik berupa buku maupun non buku harus terus ditingkatkan “, ungkap Dessy kepada Tim Publikasi PPMKP di ruang kerjanya Kamis, (31/1).
“ Koleksi bahan perpustakaan PPMKP yang tersedia ada dalam bentuk cetak dan non cetak. Yang cetak berupa buku, majalah popular dan ilmiah, jurnal ilmiah, lembar informasi pertanian dll. Sedangkan bahan informasi yang non buku misalnya, CD, DVD, kaset,slide foto – foto “ imbuh Dessy.


Perpustakaan PPMKP saat ini memiliki lebih dari 10.000 koleksi buku terdiri dari buku tehnis dan non tehnis seperti buku manajemen, SDM, psikologi, komunikasi dll. Dikatakan Dessy Jasa layanan perpustakaan diantaranya layanan sirkulasi yaitu peminjaman dan pengembalian koleksi, layanan referensi, layanan bimbingan pembaca bagi pemustaka yang ingin mengetahui cara pemanfaatan perpustakaan. Selain itu melayani pula foto copy.
“ Foto copy ini untuk mereka yang membutuhkan buku tetapi buku tidak boleh dibawa pulang, jadi dibantu dengan foto copy, “ jelasnya.
Kemajuan teknologi yang ada sekarang ini misalnya fasilitas internet tuturnya sangatlah mempermudah para pencari informasi. Internet ini bisa membantu pemustaka menelusuri katalog secara online atau penelusuran secara OPAC, Online Public Acces Catalog yang juga merupakan layanan perpustakaannya.
Dessy berujar dalam hal penambahan koleksi kebutuhan buku, pengelola menerima masukan juga dari pemustaka yang datang dengan cara menyediakan form untuk diisi mengenai buku yang dibutuhkan. Penambahan koleksi buku tentang managemen dan kepemimpinan saat ini terus diupayakan, dengan tidak melupakan pula buku mengenai tehnis pertanian yang juga tetap dicari pemustaka.
“ Inginnya baik buku manajemen maupun tehnis tetap ditambah koleksinya, karena dua- duanya banyak peminatnya, “ harapnya.(PPMKP)