Perpustakaan PPMKP Raih Predikat Peringkat I Perpustakaan Terbaik Lingkup Kementan

Publikasi

Ciawi – Bogor. Perpustakaan Pusat Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian (PPMKP) Ciawi Bogor meraih peringkat I Kategori Perpustakaan Terbaik lingkup Kementerian Pertanian tahun 2021. Penyerahan penghargaan disampaikan Wakil Menteri Pertanian Harvick Hasnul Qolbi di Kantor Pusat Kementerian Pertanian, baru – baru ini.

Yusral Tahir Kepala PPMKP mengapresiasi tim perpustakaan yang dimasa pandemi masih dapat memberikan pelayanan terbaik bagi pengguna sehingga dapat mengukir prestasi.

“Alhamdulillah, meskipun di tengah keterbatasan di masa pandemi ini, kami masih bisa memberikan pelayanan terbaik bagi pengguna perpustakaan hingga dapat mengukir prestasi”, ungkap Yusral Tahir.

Kata Yusral saat ini perpustakaan PPMKP Ciawi Bogor telah terkoneksi dengan aplikasi Indonesia One Search (IOS) yakni pintu pencarian tunggal untuk semua koleksi publik dari perpustakaan, museum, dan arsip di seluruh Indonesia dan aplikasi Inlis lite dan repository.

“ Aplikasi atau portal tersebut memudahkan pengguna perpustakaan dalam mencari buku – buku yang diperlukan,” tuturnya.

Selain itu, Perpustakaan PPMKP Ciawi juga telah bekerjasama dengan perpustakaan nasional RI, baik dalam bentuk bantuan buku maupun studi banding. Pengalokasian anggaran baik untuk sarana dan prasarana perpustakaan termasuk koleksi buku dan ruang baca yang nyaman, peningkatan kompetensi dan kemampuan para pustakawan.

“ Sistem pencarian buku pun yang telah terkomputerisasi sehingga memudahkan pengguna dalam mencari buku yang diperlukan saat berada di perpustakaan.”

Hal tersebut kata Yusral merupakan ikhtiar agar dapat memberikan pelayanan terbaik bagi pengguna perpustakaan PPMKP yang sebagian besar adalah peserta pelatihan.

Ia yakin kedepan perpustakaan PPMKP Ciawi dapat memberikan inovasi pelayanan yang lebih baik.

Pada moment HUT RI Ke 76, Kementerian Pertanian memberikan penghargaan kepada sejumlah insan pertanian termasuk pelaku utama dan usaha bidang pertanian yang dianggap teladan dan berprestasi serta juga mitra yang berjasa dalam membangun sektor pertanian.

Insan pertanian yang menerima penghargaan sebagai teladan dan berprestasi dibidangnya meliputi Petani, Penyuluh Pertanian ASN, Penyuluh Pertanian Swadaya, Widyaiswara, Dosen, P4S, PWMP, dan Kelompok Tani. Disamping itu ada juga Peneliti, Auditor dan Petugas POPT.

Selain mengapresiasi penghargaan yang diberikan kepada para teladan, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) yakin penghargaan ini dapat meningkatkan motivasi dan semakin memacu kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) pertanian agar berkembang semakin baik lagi.

“Saya mengapresiasi pemberian penghargaan ini. Saya berharap tentu hal ini akan memacu semangat kita untuk berbuat yang lebih baik lagi untuk memajukan sektor pertanian ini. Juga memacu setiap para pelaku utama sebagai bagian dari SDM Pertanian untuk semakin bergerak lebih baik lagi meningkatkan produksi dan produktivitas,” ucap Mentan SYL.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian, Dedi Nursyamsi mengatakan penghargaan ini sebagai stimulus agar seluruh insan pertanian terpacu untuk meningkatkan kapasitas dirinya. Dengan begitu, Dedi yakin sektor pertanian akan terus bergerak maju dan cita-cita pembangunan pertanian nasional yakni menyediakan pangan bagi seluruh rakyat, meningkatkan kesejahteraan petani dan menggenjot ekspor dapat tercapai segera.(Nita/Regi/PPMKP)