You are currently viewing Perlu Sayur Segar Tak Harus Ke Pasar Petani Yang Antar

Perlu Sayur Segar Tak Harus Ke Pasar Petani Yang Antar

Ciawi Bogor – PPMKP : Pusat Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian (PPMKP), telah menerapkan Work From Home (WFH) bagi pegawainya sejak pertengahan Maret lalu sesuai dengan arahan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian Dedi Nursyamsi dan Surat Edaran Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian.
Dengan WFH untuk penerapan social distancing pegawai diimbau tetap mengerjakan tugas yang menjadi tupoksinya walaupun di rumah dan mengurangi aktivitas di luar rumah, serta menghindari semua tempat yang banyak dikunjungi oleh orang, salah satunya pasar baik pasar modern maupun tradisional. Cara ini dianggap mampu mengurangi resiko terpapar virus Covid 19. Namun, meski kegiatan berbelanja di pasar menjadi hal yang tak dianjurkan saat ini bukan berarti lantas berhenti menikmati sayuran segar yang kaya manfaat.
Petani sudah menyiapkan solusi dengan sistem delivery order seperti yang dilakukan P4S Mart yang digagas Santoso petani Pengelola Pusat Pelatihan Pertanian Perdesaan Swadaya (P4S) Agro Farm Cianjur.
“ P4S Mart jadi solusi masyarakat yang tak bisa berbelanja ke pasar karena adanya anjuran social distancing. Tinggal order sayuran segar langsung dari petani, Petani yang antar, “ ujar Santoso.
P4S Mart kini telah bekerjasama dengan Koperasi Agrohumaniora PPMKP dalam memasok sayuran segar bagi pegawai dan masyarakat sekitar.
“ Ada hikmah dari adanya social distancing yaitu pemberdayaan petani melalui proses penjualan dalam bentuk delivery order sehingga sayuran masih tetap fresh dan cepat datang kepada pembeli tanpa harus melakukan aktivitas keluar rumah, “ ujar Triane Widya Anggriani Ketua KPRI Agro Humaniora, Kamis (2/4).
Triane menyampaikan untuk saat ini, pengiriman dilakukan setiap minggu. Namun melihat antusiasme yang begitu tinggi dari anggota koperasi kedepannya tidak menutup kemungkinan pengiriman dan penjualan dilakukan perhari.
Adanya kerjasama ini disambut baik oleh anggota koperasi yang sebagian besar adalah pegawai PPMKP. Seperti diungkapkan Indi, Ia merasa terbantu sehingga tidak mengalami kesulitan untuk mendapatkan sayuran segar
“ Saya sekarang belanja sayur tidak perlu khawatir karena selain pesannya mudah, barangnya juga cepat sampai, “ tuturnya
Hal senada disampaikan anggota lain Susani. Ia menuturkan membeli sayur dikoperasi karena kemudahan. Tidak harus keluar rumah sudah mendapatkan sayuran segar.
“ Karena wabah ini, saya dan keluarga agak berhati2 jika mau keluar rumah, apalagi ke Pasar. Dengan tersedianya sayuran di koperasi memudahkan kami untuk tetap berbelanja pangan yang sehat, murah, berkualitas, produknya bagus2, fresh lagi, “ ungkapnya. (RG/PPMKP)