You are currently viewing Peringati Milad Pertama Regaci, Yonif 315/Garuda Kerahkan Belasan Prajurit Bersihkan Sungai Cisadane

Peringati Milad Pertama Regaci, Yonif 315/Garuda Kerahkan Belasan Prajurit Bersihkan Sungai Cisadane

Sejumlah prajurit Yonif 315/Grd bersinergi bersama relawan giat Cisadane bersihkan Sungai, Sabtu (2/2).

wartapakwan.co.id, BOGOR BARAT – Belasan prajurit Yonif 315/Grd laksanakan Bhakti Sosial pembersihan Sungai Cisadane. Kegiatan Bhakti Sosial ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Milad ke I Komunitas Relawan Giat Cisadane (Regaci) berlokasi di Gang Bengkong RT 5/X Gunung Batu, Kota Bogor, Sabtu (2/2).

Dalam Milad ke I Komunitas Relawan Giat Cisadane (Regaci) diisi dengan kegiatan Bhakti Sosial Khitanan Massal dan pembersihan sungai Cisadane. Regaci sendiri adalah sebuah komunitas masyarakat yang peduli dengan lingkungan dan kebersihan sungai Cisadane.

Ketua Relawan Giat Cisadane (Regaci) Budi Abdul Majid, mengatakan komunitas ini banyak berkiprah dalam kegiatan membersihkan sungai Cisadane dari sampah organik dan non organik.

Sebanyak 60 anak yang telah terdaftar akan mendapatkan proses khitanan secara gratis.

Dalam kesempatan itu, hadir pula Camat Bogor Barat Pupung W. Purnama, Kapolsek Bogor Barat Kompol Sundari, Pasi Intel Yonif 315/Grd Lettu Inf Andika Fitriadi, Lurah Gunung Batu Supyawan, Ketua Regaci Budi Abdul Majid, Ketua RW, Ketua RT, Babinsa, Babinkamtinmas dan banyak masyarakat pecinta lingkungan lainnya.

 

Camat Bogor Barat, Pupung W. Purnama, yang datang mewakili Walikota Bogor menyampaikan ucapan selamat Milad yang pertama bagi Regaci “semoga kegiatan yang dilaksanakan oleh Regaci ini membawa manfaat bagi lingkungan dan masyarakat Bogor Barat secara khususnya,”

Dengan membersihkan sampah, lanjut Pupung, di Sungai Cisadane akan mengurangi pencemaran yang ada di Sungai Cisadane serta menjaga kelestarian Sungai Cisadane. Semoga dengan kegiatan yang ini kesadaran masyarakat akan kepedulian terhadap lingkungan semakin meningkat, khususnya dalam menjaga sungai sebagai sumber air bagi masyarakat.

Sementara, Ketua Regaci Budi Abdul Majid menyampaikan penghormatan dan ucapan terima kasih kepada seluruh undangan yang telah berkenan hadir dalam acara ini dan turut berpartisipasi membantu terselenggaranya acara ini.

“Ucapan terima kasih khusus disampaikan kepada Yonif 315/Grd atas partisipasinya menerjunkan belasan prajuritnya dan menurunkan dua armada truknya guna kelancaran acara Bhakti Sosial ini,” ungkap Budi.

Kegiatan yang diawali dengan pelaksanaan khitanan dilanjutkan dengan pembersihan sungai Cisadane. Dengan menggunakan perahu karet sejumlah relawan menyusuri dan memungut sampah yang berserakan dan tersangkut di bantaran sungai Cisadane. Bebenah Cisadane yang diikuti puluhan relawan dari berbagai komunitas dan organisasi pecinta lingkungan ini berupaya mengubah perilaku masyarakat dalam menjaga lingkungan agar tidak membuang sampah di sungai. Tak sampai tiga jam, kegiatan ini mampu mengumpulkan sampah anorganik sebanyak belasan karung

Terpisah, Danyon 315/Grd Letkol Inf Thomas Rajunio, B.S saat dihubungi melalui telpon, mengatakan bahwa Yonif 315/Grd akan selalu mensupport dan bekerjasama dalam setiap kegiatan yang berkaitan dengan lingkungan hidup yang dilaksanakan oleh Pemkot Bogor ataupun komunitas pecinta lingkungan lainnya.

“Kami akan selalu siap untuk membersihkan sungai Cisadane, apalagi Cisadane adalah salah satu urat nadi masyarakat dalam penyediaan air bersih. Secara bertahap mari bersama sama kita bersihkan Cisadane dari sampah,” tutur Danyon 315/Grd Letkol Inf Thomas Rajunio.

Ia pun mengatakan, Yonif 315/Grd akan selalu bekerja sama dengan Pemkot Bogor dan elemen masyarakat lainnya berusaha untuk mewujudkan sungai Cisadane yang bebas sampah guna mendukung ketersediaan air bersih untuk masyarakat. Hal ini merupakan wujud dari aktualisasi 8 wajib TNI yaitu menjadi contoh dan memelopori usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya.

Sektor bebersih hari ini yang dimulai dari jembatan Sarijan menyusuri bantaran sungai Cisadane sampai dengan jembatan Loji sejauh kurang lebih 4,5 Km berakhir pada pukul 12.15 Wib.

(Adk/Y315)
Editor : Bambang Supriyadi