You are currently viewing Peringati Hari Lahir Pancasila, Kepala PPMKP Ajak Lestarikan Nilai-Nilai Luhur Pancasila
Peringati Hari Lahir Pancasila.

Peringati Hari Lahir Pancasila, Kepala PPMKP Ajak Lestarikan Nilai-Nilai Luhur Pancasila

Peringati Hari Lahir Pancasila.

Ciawi—Dalam peringatan Hari Lahir Pancasila yang ke-73, 1 Juni 2018, Kepala Pusat Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian (PPMKP), Heri Suliyanto, mengingatkan Pancasila telah terbukti mampu menjadi pemersatu Bangsa Indonesia. Oleh karena itu, Heri mengajak masyarakat, termasuk pegawai PPMKP, untuk terus melestarikan pengamalan nilai-nilai luhur Pancasila.
Hal tersebut diungkapkan Heri dalam pidatonya pada upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila yang digelar di Lapangan Surya, PPMKP Ciawi. Dalam upacara yang diikuti seluruh pegawai PPMKP tersebut, Heri yang bertindak sebagai pembina upacara juga membacakan sambutan Presiden Joko Widodo.
“Kelahiran Pancasila merupakan hasil perenungan mendalam para founding fathers negeri ini. Pancasila pertama kali diuraikan secara jelas oleh Bung Karno pada tanggal 1 Juni 1945, kemudian dituangkan dalam Piagam Jakarta pada tanggal 22 Juni 1945 dan dirumuskan secara final pada tanggal 18 Agustus 1945,” ucap Heri.
Para pendiri bangsa, lanjut Heri, dari berbagai kelompok, golongan dan latar belakang duduk bersama untuk menetapkan Pancasila sebagai pemersatu dari segala perbedaan. Pancasila berperan sebagai falsafan dan dasar negera yang kokoh, yang menjadi fondasi dibangunnya Indonesia.
“Adalah tugas dan tanggung jawab kita untuk memastikan bahwa Pancasila selalu hadir dalam setiap sudut kehidupan serta hati dan pikiran kita. Pada Peringatan Hari Lahir Pancasila di tahun 2018 ini, kita harus meneguhkan semangat kita untuk bersatu, bebagi dan berprestasi,” papar Heri.
Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini merupakan kali kedua dilakukan dengan upacara bendera setelah Presiden Joko Widodo menetapkan Keputusan Presiden No. 26 tahun 2016. Dalam Keputusan Presiden tersebut, tanggal 1 Juni ditetapkan sebagai Hari Lahir Pancasila dan sebagai hari libur nasional. Meski, menjadi hari libur nasional, Aparat Sipil Nasional (ASN) wajib melaksanakan upacara memperingatinya dan menyemarakkan aneka kegiatan.
Tahun ini Peringatan Hari Lahir Pancasila mengambil tema “Kita Pancasila, Bersatu, Berbagi dan Berprestasi”. ***