Pembinaan Kelembagaan P4S Melalui Bantuan Sarana Prasarana

Publikasi

 

Dalam rangka mempersiapkan kegiatan penguatan kelembagaan berupa bantuan pendukung pelaksanaan kegiatan penyelenggaraan pelatihan di Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) tahun 2020, Kementerian Pertanian melalui Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Batu menyerahkan bantuan sarana dan prasarana pembelajaran kepada lima (5) P4S binaan BBPP Batu. tiga (3) di wilayah NTB dan dua (2) P4S di Bali. Bantuan ini dalam upaya penguatan kelembagaan P4S. Harapan Kementerian Pertanian bantuan sarana dan prasarana dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para pengelola P4S dalam proses pembelajaran untuk pengembangan SDM pertanian yang berujung pada kesejahteraan petani.

Dalam berbagai kesempatan Kepala Badan PPSDMP, Prof. Dedi Nursyamsi selalu menekankan bahwa pertanian tidak boleh berhenti walaupun ditengah serangan covid-19, memberikan spirit tersendiri bagi petani. “Petani, P4S dan Penyuluh terus bekerja untuk menyediakan pangan bagi 267 juta jiwa rakyat Indonesia. Tentunya dengan mengikuti protokol pencegahan covid- 19  baik dilapangan maupun dimanapun berada,” tegas Dedi.

Sementara itu, untuk mendukung kebijakan Kepala BPPSDMP Kementerian Pertanian, Ir. Bustanul Arifin Caya, MDM sebagai Kepala Pusat Pelatihan Pertanian terus mendorong terhadap P4S supaya dapat menjaga kontinuitas ketersediaan pangan bagi masyarakat di tengah pandemi covid- 19. “Kita buktikan dalam kondisi saat ini bahwa yang menjadi tumpuan adalah petani termasuk  juga P4S yang menjadi penolong saat kondisi susah, oleh karena itu cintai pertanian lokal dan petani Indonesia,” jelasnya.

Sebagai implikasi dilapangan dan sekaligus mewujudkan harapan tersebut, BBPP Batu sebagai salah satu UPT BPPSDMP Kementerian Pertanian, mengacu pada tugas diantaranya membina kelembagaan Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) pada hari Sabtu 8 Agustus 2020 melakukan pembinaan serta menyerahkan bantuan sarana dan prasarana ( Sarpras) diantaranya kepada P4S Kuntum jln Swakarsa No. 66 Desa Kekalik Jaya Kecamatan Sekarbela Mataram. Bantuan yang diberikan berupa laptop, LCD, screen LCD, sound wearless dan kursi. diserahkan langsung oleh Kepala Balai Besar Pelatihan Peternakan Dr. Wasis Sarjono, S.Pt, M.Si, yang didampingi Kepala Bidang Pengelenggaraan Pelatihan, Seksi Perlengkapan dan Instalasi, Subianto, SST dan Widyaiswara Ir. Teguh Wibowo, M.Si

I Gede Wirada, selaku ketua P4S Kuntum menyampaikan mengucapkan selamat datang di P4S Kuntum kepada tim BBPP Batu dalam rangka menyerahkan sarana belajar mengajar. Bantuan ini dapat meningkatkan kualitas belajar dan mengajar di P4S Kuntum. Dan meningkatkan kompetensi petani dan peternak yang belajar di P4S Kuntum, dan kami akan menggunakan bantuan ini dengan sebaik-baiknya.

Kegiatan penyerahan bantuan ini di saksikan juga oleh perwakilan dari Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Mataram, Kepala Seksi Bidang Peternakan Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan dan perikanan mengucapkan banyak terimakasih atas bantuan sarana pendidikan. Bantuan ini sangat membantu sekali. Kami dari pihak dinas hanya dapat mengucapkan terima kasih. Harapan kami banyak petani yang belajar dan terus meningkat kompetensinya,” kata…..

Pada kesempatan penyerahan bantuan sarana
Kepala Balai Besar Pelatihan Peternakan Dr. Wasis Sarjono, S.Pt, M.Si,
menjelaskan bahwa keberadaan P4S hendaknya memiliki manfaat bagi masyarakat yang berada disekitarnya. Oleh karena itu P4S harus dapat menunjukkan keberadaannya kepada masyarakat. Selain itu ketua P4S memiliki peranan yang sangat penting dalam mengenalkan kelembagaan P4S kepada masyarakat.
Ketua P4S harus mampu mempengaruhi anggota anggota P4S sendiri untuk selalu berkarya, memberikan contoh bagi masyarakat, serta mampu menjalin kerja sama dengan mitra P4S.
Wasis juga menambahkan, ketua P4S diharapkan mampu menjadi teladan bagi anggotanya, teladan dalam hal berpikir, teladan dalam hal berkata dan teladan dalam hal perbuatan agar P4S yang dipimpin dapat berkembang dengan baik.

Pandemi covid-19 dan memasuki era new normal kali ini, mengharuskan kita mengubah metode pelatihan dari konvensional menjadi pemanfaatan teknologi informasi secara online sehingga peralatan pembelajaran ini akan sangat berguna untuk proses pembelajaran secara online”, ungkap wasis.
Pada sesi akhir dilakukan penandatanganan serah terima barang milik negara antara Kepala BBPP Batu dan pengelola P4S penerima bantuan sebagai pertanggungjawaban administrasi serah terima bantuan. T2S/Wan