Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Angkatan XVII Kementan Siap Dibuka Mentan SYL

Publikasi

 

Ciawi Bogor – PPMKP : Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo dijadwalkan akan membuka Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II Angkatan XVII tahun 2020 di Pusat Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian (PPMKP), Ciawi Bogor Jawa Barat Rabu (12/8).

Atas restu dari Lembaga Administrasi Negara (LAN), Kementerian Pertanian (Kementan) untuk pertama kalinya menggelar PKN Tingkat II melalui PPMKP, Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP).

PPMKP dinilai telah memenuhi persyaratan untuk menggelar PKN Tingkat II, dimana sebelumnya kegiatan tersebut dilaksanakan oleh LAN.

Kepala PPMKP Yusral Tahir menuturkan sejak awal PPMKP telah memiliki potensi dan prestasi dalam menyelenggarakan pelatihan kepemimpinan tingkat III (PKA) dan pelatihan kepemimpinan tingkat IV (PKP) dengan mengantongi akreditasi A. Hal tersebut ditambah dengan dorongan peningkatan kualitas baik SDM maupun sarana dan prasarana serta penyatuan visi untuk tingkat nasional.

“ Tim PPMKP terus didorong untuk meningkatkan kualitas dan potensi yang ada. Kita perbaiki dan tingkatkan fasilitas asrama, kamar menjadi lebih nyaman, sarana berbasis IT dengan jaringan yang lebih kuat dan memilih Widyaiswara yang benar – benar siap, “ ujar Yusral. Selasa (11/8).

Kepercayaan yang diberikan LAN kepada PPMKP menyelenggarakan PKN, menurut Yusral merupakan prestasi bagi Kementan.

Yusral Tahir menyampaikan PKN Tingkat II Angkatan XVII tahun 2020 bertujuan mengembangkan kompetensi kepemimpinan strategis pada Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama yang akan berperan dan melaksanakan tugas serta fungsi kepemerintahan di instansinya masing-masing.

“ Ini sebagai upaya menciptakan pemimpin yang strategis dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan mengembangkan kompetensi kepemimpinan strategis pada Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama yang akan berperan dan melaksanakan tugas serta fungsi kepemerintahan di instansinya masing-masing, “ ujar Yusral

Yusral menuturkan sasaran penyelenggaraan PKN Tingkat II Angkatan XVII ini adalah dihasilkannya Pegawai Negeri Sipil yang memiliki kemampuan memimpin pada jenjang Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama. Kemampuan memimpin tersebut diwujudkan dengan keberhasilannya dalam memimpin perubahan di unit kerja. Perubahan hanya dapat terwujud jika pejabat struktural tersebut mampu menetapkan area perubahan dan memobilisasi stakeholdernya dengan melakukan dialog strategis guna mendukung perubahan tersebut sekaligus mampu mendifusikan perubahan tersebut melalui marketing sektor publik.

PKN Tingkat II Angkatan XVII Tematik dengan tema Pembangunan Pertanian Berkelanjutan untuk Mendukung Daya Saing Produk Pertanian. digelar mulai 12 Agustus s.d 8 Desember 2020 dilaksanakan dengan metode blended learning (klasikal dan virtual) bertempat di Komplek Asrama Bumi PPMKP.

Peserta yang mengikuti PKN Tingkat II Angkatan XVII Tahun 2020 sebanyak 36 orang diantaranya merupakan pejabat dilingkungan Kementan, tiga orang dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), dua orang dari Kementerian Pembangunan Desa Teringgal (KPDT), Sembilan dari Kepolisian Republik Indonesia dan enam dari Pemerintah Daerah.(Regi/PPMKP)