You are currently viewing Pasca Longsor, KA Pangrango Sukabumi-Bogor Siap Beroperasi Kembali Hari Ini

Pasca Longsor, KA Pangrango Sukabumi-Bogor Siap Beroperasi Kembali Hari Ini

Jalur KA Pangrango relasi Sukabumi-Bogor yang terdampak longsor. Foto|Istimewa

wartapakwan.co.id, SUKABUMI – PT Kereta Api Indonesia Daop 1 Jakarta mengabarkan bahwa KA Pangrango relasi Sukabumi-Bogor atau sebaliknya sudah mulai beroperasi hari ini, Jumat  (4/01).

Executive Vice President  Daop 1 Jakarta, Dadan Rudiansyah, menjelaskan, setelah dilakukan uji coba operasi menggunakan lokomotif, jalur Sukabumi-Bogor atau Bogor-Sukabumi dinyatakan aman dan sudah bisa dilalui untuk perjalanan KA.

“Tidak dibutuhkan waktu lama dalam hal pemulihan jalur,” ungkap Dadan dalam keterangan tertulisnya yang diterima wartapakwan.co.id.

Masyarakat yang ingin naik KA Pangrango, lanjut Dadan, Relasi Sukabumi-Bogor atau Bogor-Sukabumi, pihaknya Setiap hari menyediakan enam jadwal perjalanan diantaranya dengan satu untuk kelas kereta eksekutif dan empat untuk kelas kereta ekonomi.

“Tiket dapat dibeli dengan harga Rp 80.000 untuk kelas eksekutif dan Rp 35.000 untuk kelas ekonomi,” paparnya.

Sebelumnya, sejak Rabu (2/01) lalu, perjalanan KA Pangrango relasi Sukabumi-Bogor atau Bogor-Sukabumi  terpaksa dihentikan sementara, karena jalur KA yang dilintasi mengalami gangguan longsor.

“Penghentian operasi KA Pangrango sendiri dilakukan guna memastikan keselamatan dan keamanan perjalanan KA,” ujarnya.

Tercatat ada empat titik longsor di jalur lintas Sukabumi-Bogor yang mengganggu perjalanan KA, titik longsor tersebut yakni di petak jalan Bogor-Maseng tepatnya di KM 12+700, 12+200/300, 11+000/100, 11+200/300 dengan kedalaman 7 meter.

“Longsornya tanah ditengarai diakibatkan oleh curah hujan yang tinggi di kawasan Bogor dan sekitarnya,” pungkasnya.

Reporter : Bambang Supriyadi
Editor      : Bambang Supriyadi