You are currently viewing Optimis, PPMKP Jalani Desk Evaluasi Pembangunan ZI Menuju WBK dan WBBM

Optimis, PPMKP Jalani Desk Evaluasi Pembangunan ZI Menuju WBK dan WBBM

 

Ciawi Bogor – PPMKP : Tim Kerja Pembangunan Zona Integritas (ZI) Pusat Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian (PPMKP) Ciawi Bogor optimis dapat meraih capaian terbaik dalam menjalani desk evaluasi pembangunan ZI menuju wilayah bebas korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih melayani (WBBM) oleh tim Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) secara virtual, Kamis (22/10).

Desk evaluasi dijalani PPMKP setelah melewati berbagai tahapan penilaian pembangunan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM.

“ Saya optimis kita bisa masuk ke WBK tingkat nasional, karena apa yang kita kerjakan sudah sesuai Permenpan RB No.10 tahun 2019, “ ujar kepala PPMKP yang memimpin langsung desk evaluasi pembangunan Zona Integritas di Ruang PPID PPMKP.

Menghadapi desk evaluasi ini Tim Kerja Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM PPMKP mengenakan rompi berwarna merah lengkap dengan badge No Korupsi didada kiri, yang menurut Yusral sebagai lambang keberanian.

Sebelum dimulainya desk evaluasi pembangunan Zona Integritas, tim PPMKP meneriakan yel – yel pertanian maju, mandiri, modern di hadapan evaluator, Alifta Rahma Nirmala dan Dwi dari Kemenpan RB. Dilanjutkan dengan paparan mengenai perkembangan dan proses Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi di lingkungan PPMKP.

Dengan lugas dan jelas Kepala PPMKP menyampaikan berbagai kegiatan data dukung yang telah dilaksanakan PPMKP dalam pembangunan Zona Integritas.

Menjawab pertanyaan terkait pengawasan terhadap tindakan pelanggaran dan korupsi, Yusral menyatakan PPMKP sudah memiliki senjata yakni Whistle Blower System yang dibangun PPMKP, lapor gratifikasi online dan SPIP dengan kegiatan utama identifikasi resiko

“ Kedepan kita akan terus tingkatkan terutama dengan inovasi pembaharuannya, karena itu yang memang sangat diperlukan terutama menghadapi tantangan covid 19, “ tuturnya.

Perasaan lega terpancar dari wajah-wajah tim kerja Pembangunan ZI menuju WBK dan WBBM PPMKP Ciawi Bogor usai menghadapi desk evaluasi seraya berharap sukses meraih predikat WBK tingkat nasional.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menuturkan dengan adanya pembangunan WBK Ia menghendaki perbaikan manajemen agar segera ada “penyegeraan” untuk mengurangi terjadinya tindak korupsi dengan target ideal zero accident sebagai bentuk perwujudan pelaksanaan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 5 Tahun 2004 tentang Percepatan Pemberantasan Korupsi

Sementara itu Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan Dedi Nursyamsi, menyampaikan pembinaan tekad antikorupsi bertujuan untuk pembudayaan antikorupsi, memotivasi dan menguatkan seluruh pimpinan dan pegawai Kementan untuk berani menolak korupsi dalam bentuk apapun. (Regi/PPMKP).