MPP Kota Bogor Resmi Beroperasi, Warga Semakin Dimudahkan

Pemerintahan

 

Bogor, WARTAPAKWAN.CO.ID – Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Bogor resmi beroperasi di pusat perbelanjaan Lippo Plaza Keboen Raya Bogor. Ini tentunya semakin memudahkan masyarakat dalam mengurus berbagai perizinan.

Karenanya, tak heran jika Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Syafruddin mengapresiasi kinerja Pemkot Bogor yang telah berupaya memberikan kemudahan pelayanan bagi warganya.

“Masyarakat ke mal (pusat perbelanjaan) tidak hanya datang untuk berbelanja saja, tapi juga sudah bisa mendapatkan pelayanan dasar di MPP Grha Tiyasa Kota Bogor. Ini sangat baik sekali,” ujarnya saat peresmian MPP Grha Tiyasa Kota Bogor, Senin (26/08).

MPP Grha Tiyasa Kota Bogor menyediakan 145 layanan dari 14 instansi pusat, daerah, maupun BUMN/BUMD. Sejak diuji coba pada 12-22 Agustus 2019 tercatat sebanyak 1.405 masyarakat telah menerima berbagai pelayanan yang tersedia, dimana paling banyak pada layanan imigrasi.

Ke-14 instansi yang telah bergabung antara lain Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu (DPMPTSTP) Provinsi Jawa Barat dan Kota Bogor, Kementerian Agama, Polresta Kota Bogor, Samsat dan Jasa Raharja, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil), Badan Pendapatan Daerah (Bapenda), Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans), Badan Pertanahan Nasional (BPN), Kejaksaan, Imigrasi, KPP Pratama, Bea Cukai, BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan, Bank BJB, dan PDAM.

Sementara itu,  Walikota Bogor Bima Arya mengatakan peresmian MPP Grha Tiyasa Kota Bogor dapat dijadikan momentum untuk menetapkan standar pelayanan kepada publik. Ia berharap nantinya pelayanan kesehatan dan pendidikan di kecamatan maupun kelurahan se-Kota Bogor secara bertahap meningkat seperti standar pelayanan yang ada di MPP Grha Tiyasa Kota Bogor.

“MPP ini adalah impian kami untuk ikut serta dalam gerbong reformasi birokrasi yang anti-korupsi dan membangun pemerintahan yang bersih. Insya Allah, tidak ada lagi calo, perantara, dan pungutan liar, karena semua serba transparan dan real time,” katanya.

Menurutnya, saat ini pelayanan tidak hanya ditunggu warga, namun juga dinilai. Oleh karenanya, MPP Grha Tiyasa Kota Bogor tidak sekedar melayani namun juga memudahkan serta membahagiakan. Melayani bisa saja dilakukan namun jika pelayanan lama, itu tidak memudahkan, dan jika melayani dengan tidak ramah maka tidak akan membahagiakan. Karena itu moto MPP Kota Bogor adalah melayani, memudahkan, dan membahagiakan. (*)

Hadir dalam acara tersebut Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa, Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim, Chairman Lippo Group Muchtar Riady, Presiden Direktur Lippo Karawaci Ketut Budi Wijaya, Direktur Utama BJB Yuddy Renaldi, Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan, Kebijakan, dan Evaluasi Pelayanan Publik Wilayah I Kementerian PANRB Noviana Andrina, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Kota Bogor Ansrullah, Ketua DPRD Kota Bogor Atang Krisnanto, Karo RBP Srena Polri Brigjen Pol. Angesta Romano Yoyol, Karo Rena Polda Jawa Barat Kombes Pol Raden Lucky, Danrem 061/Suryakencana Kolonel Inf Novi Helmy Prasetya, Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Hendri Fiuser, serta tokoh Jawa Barat Ginanjar Kartasasmita. (*)