You are currently viewing Motivasi Peserta Latpim Tk. IV, Mentan : Percayalah, Proses Takkan Membohongi Hasil

Motivasi Peserta Latpim Tk. IV, Mentan : Percayalah, Proses Takkan Membohongi Hasil

 

Ciawi Bogor – PPMKP : Helatan Pelatihan Kepemimpinan (Latpim)Tk. IV Angkatan 21 Kementerian Pertanian (Kementan) di Pusat Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian (PPMKP) mencatat sejarah. Untuk pertama kalinya Latpim Tk. IV dihadiri Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman yang sekaligus membuka dengan resmi kegiatan tersebut Selasa (24/9).
Hal berharga berupa motivasi dari Mentan diperoleh 40 peserta. Mentan menyampaikan dalam meraih tekad ingin menjadi seseorang atau meraih sesuatu mulailah dari mimpi dan visualisasikan diri untuk hal yang diinginkan. Bermimpilah yang besar dan rubah mindset, bekerja yang rajin, tidak pernah terlambat, kerjakan semua tugas dengan cepat dan sampai tuntas.
“ Berubahlah, anda semua agen perubahan. Jika atasan suruh langsung kerjakan, disuruh dua kerjakan empat. Jangan malas terlambat datang, disuruh, satu minggu laporan baru masuk, disuruh 10 satu yang dikerjakan. Kalau begitu saya rekomendasikan sudahlah berhenti jadi pegawai, “ ujarnya.
Mentan totalitas dibutuhkan untuk bisa meraih yang diinginkan. Dengan totalitas bekerja siapapun bisa meraih jabatan tinggi termasuk menjadi Menteri bahkan Presiden sekalipun.
“ Percayalah, proses enggak pernah membohongi hasil. Dan jangan minta – minta jabatan. Biarkan jabatan datang, anda naik karena punya kemampuan. Jabatan yang didapat dengan cara diminta, tak akan membuat anda nyaman,” tegasnya.
Kata Mentan Diklatpim bertujuan agar wawasan peserta bertambah menjadi luas dan bermanfaat untuk bangsa dan Negara. Ia melanjutkan kontribusi IQ pada kesuksesan 15%, sementara EQ berkontribusi 85%. Amran menguraikan IQ bergerak sendiri di ruang kosong, EQ hubungan antar manusia bagaimana empowering, bagaimana menggerakkan semua orang.
“lingkungan, atasan, bawahan semua bergerak. Anda menjadi nucleus, sentral. Untuk bisa menggerakkan itu semua jika anda menjadi teladan di semua sektor paling cepat datang, paling lambat pulang. Jangan menyebut diri yang terbaik, tapi biarlah lingkungan yang mengatakan anda terbaik, “
Itu semua harus dilakukan dengan yakin. Kata Mentan keyakinan terbagi menjadi 3 tingkatan Ilmul yaqin, Ainul yaqin, dan Haqqul yaqin.
“ Ilmul yakin, melihat sesuatu dia yakin karena dia baca, Ainul Yaqin anda tahu ada tembok di Jerman tapi tidak pernah melihat, Haqqul Yakin Bisa. Aku tidak lihat Tuhan tapi yakin bisa, tidak lihat takdir tapi aku rebut, “ katanya.
Latpim Tk. IV Angkatan 21 Kementan berlangsung dari 24 September – 24 Desember 2019 dengan sistim on – off campus. (RG/PPMKP)