MELEPAS LELAH DI P4S KUNTUM BINAAN BBPP BATU

Publikasi

 

Putra generasi ke enam dari Suku Bali dan sudah menetap jln Swakarsa No. 66 A lingkungan Gerisa kelurahan Kekalik Jaya kecamatan Sekarbela kota Mataram NTB.
I Gede Wirada, SP.
mampu menorehkan prestasinya dibidang pertanian. Dia mendapatkan banyak penghargaan mulai dari pemerintah daerah bahkan sampai dapat menginjak kaki di istana kepresidenan.

Pendiri pengelola Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) Kuntum ini merupakan seorang pelopor pertanian, inspirator dan penggagas lahirnya P4S lain yang ada NTB. Dengan dilandasi motto “hidup itu bagai air yang mengalir”. Bapak dari dua anak dan terlahir 48 tahun silam, terus berkiprah ikut membangun sektor pertanian, selagi Yang Maha Agung memberi kesempatan untuk bernafas, sebagai manusia tentu harus bermanfaat baik untuk masyarakat maupun lingkungannya. demikian tuturnya.

Berangkat dari kepedulian yang besar terhadap kehidupan petani serta hasrat untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia, tahun 2006 P4S Kuntum didirikan sebagai wujud kepeduliannya dalam bentuk menyelenggarakan pelatihan, magang, Konsultasi pertanian, bimbingan dibidang pertanian. Dengan tidak mengenyampingkan hubungan dan bersinergi dengan Pemerintah Kota Mataram, yakni dalam hal sektor pertanian, perkebunan dan kehutanan secara berkelanjutan, bersama turut mencerdaskan petani.

Pelatihan di P4S Kuntum merupakan salah satu instalasi pelatihan yang mencoba untuk mempersiapkan sumberdaya petani yang tangguh dan mandiri melalui pengembangan pelatihan agribisnis, akses teknologi pertanian dapat terserap oleh petani guna meningkatkan pengetahuan, sikap serta keterampilan.

Berkaitan dengan hal itu, kegiatan P4S Kuntum telah memberikan kontribusi teladan, ketokohan dan memberikan motivasi kepada para petani di Kecamatan Sekarbela, mulai dari tingkat kelompok, gabungan, Kabupaten, Provinsi.

Ada pepatah yang mengatakan “diatas langit masih ada langit” pepatah itu masih dianut oleh Pak Gede, demikian sapaan akrabnya. Melalui pola pembinaan yang dilakukan oleh Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Batu yang dikomandani oleh Dr. Wasis Sarjono, S.Pt, M.Si. P4S terus memperbesar langkahnya tidak hanya hortikultura bahkan sudah merambah ke peternakan ayam jantan, menurutnya banyak pesanan mulai pedagang kaki lima sampai rumah makan untuk membuat menu ayam Taliwang dipasok dari P4S. T2S/Wan.