You are currently viewing Lima Pelaku Modus Gembos Ban diamankan Satreskrim Polres Bogor

Lima Pelaku Modus Gembos Ban diamankan Satreskrim Polres Bogor

wartapakwan.co.id, CIBINONG – Satuan Reserse Kriminal (satreskrim) Polres Bogor ungkap kasus tindak pidana pencurian dengan pemberatan (curat) dengan modus gembos ban yang terjadi di Bank BCA Graha Cibinong, Kabupaten Bogor.

Dalam waktu singkat kepolisian Bogor berhasil menangkap lima orang pelaku dengan inisal F (35), G (35), AJ (35), P (35), dan A (35) diketahui pelaku merupakan warga Lampung.

Modusnya, para pelaku mengintai korban terlebih dahulu di dalam Bank, kemudian setelah korban keluar dengan membawa sejumlah uang, para pelaku mengikuti kendaraan korban dengan menggunakan sepeda motor.

Disaat lalu lintas macet salah satu pelaku yang menggunakan sepeda motor mendekati kendaraan korban dan meletakkan sandal yang sudah di pasangkan paku besi di depan ban belakang sebelah kiri kendaraan korban, sehingga setelah kendaraan korban melaju secara otomatis akan melindas paku yang berada disendal tersebut.

Akhirnya dalam jarak tertentu setelah kendaraan korban gembos kekurangan tekanan angin kemudian para pelaku menunggu korban lengah dan membetulkan ban tersebut, setelah korban lengah kemudian para pelaku langsung membuka pintu mobil dan menggasak uang sebesar Rp 162.000.000,- yang berada didalam mobil korban.

“Masing-masing pelaku mempunyai perannya, ada yang mengawasi di Bank, ada yang melakukan penggembosan ban,ada yang melakukan eksekusi, dan ada juga yang melakukan penjagaan untuk menghalau massa apabila tertangkap saat beraksi” tutur Kapolres Bogor AKBP Andi M. Dicky saat konfrensi pers di Mapolres Bogor, Senin (13/11).

Dari hasil kejahatan, kepolisian mengamankan 1 (satu) pasang sendal berwarna hitam, 1 (satu) buah besi paku, 8 (delapan) buah Handphone dengan berbagai merk, 2 (dua) lembar STNK kendaraan bermotor, 5 (lima) buah dompet milik pelaku, 1 (satu) buah obeng, 1 (satu) lembar plat nomor kendaraan bermotor sebagai barang bukti.

Atas Perbuatannya, Pelaku dijerat dengan Pasal 363 KUHP tentang Pencurian Dengan Pemberatan dengan ancaman Hukuman sembilan tahun penjara.

“Kepada Masyarakat kami menghimbau apabila dalam mengambil uang dalam jumlah besar jangan segan-segan untuk meminta bantuan kepolisian untuk melakukan pengawalan,” pungkasnya. (adi/wartapakwan.co.id)