Lega, Perasaan Peserta Latsar Setelah Dinyatakan Lulus

Publikasi

Lega, Perasaan Peserta Latsar Setelah Dinyatakan Lulus
Ciawi Bogor – PPMKP : Lega, itulah yang dirasakan 160 peserta Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS Angkatan 9, 10, 11 dan 12 Non Kementerian Pertanian saat Eri Herlina Kepala Seksi Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan mengumumkan kelulusan mereka dalam laporan penyelenggaraan saat upacara penutupan Jum’at (5/7).
“ Berdasarkan hasil evaluasi dan penilaian prestasi peserta dalam rapat kelulusan yang dilaksanakan kemarin sore, maka 160 peserta Pelatihan Dasar CPNS Angkatan 9, 10, 11 dan 12 Non Kementerian Pertanian dinyatakan lulus 100 %, “ ujarnya disambut tepuk tangan riuh peserta yang hadir di Aula Asrama Surya PPMKP .

Keterangan Foto : Peserta Latsar CPNS GOL. III Non Kementan bertepuk tangan menyambut kelulusan mereka.

Ia merinci dari empat angkatan Latsar ini 53 orang dinyatakan lulus dengan predikat Sangat Memuaskan, dan 106 peserta lulus dengan predikat Memuaskan.
Peserta yang berasal dari Wantanas, PPATK, Bapppenas, BBPOM, BSN dan Badan Informasi Geospasial (BIG) ini patut berlega hati mengingat Latsar saat ini memungkinkan peserta tidak lulus, apabila peserta tidak dapat memenuhi komponen penilaian.
Sebagai upaya untuk mewujudkan birokrasi yang profesional. Ada standar nilai yang harus mereka penuhi. Beberapa komponen yang menentukan lulus tidaknya seorang peserta latsar secara persentase, penilaian dilakukan dalam beberapa bagian. Penilaian akademik berbobot 20 persen, penilaian rancangan aktualisasi 20 persen, penilaian pelaksanaan aktualisasi 30 persen, penilaian sikap dan perilaku 10 persen, dan penilaian penguatan kompetensi bidang 20 persen. Semua komponen penilaian itu memegang peran penting. Jadi tidak ada yang bisa disepelekan karena saling mempengaruhi.
Sementara itu Kepala Pusat Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian (PPMKP) Heri Suliyanto berpesan agar peserta Latsar ini dapat menjadi Aparat Sipil Negara (ASN) yang kompeten dan dapat memberikan pelayanan yang lebih baik lagi saat kembali ke Instansi masing-masing.
“ Selamat dan sukses, sampai bertemu lagi dalam kesempatan yang lain, “ ujar Kapus. (RG/PPMKP)