You are currently viewing Latihan Baris Berbaris CPNS BPOM Tingkatkan Disiplin, Persatuan dan Tanggung Jawab
Latihan Baris Berbaris CPNS BPOM Tingkatkan Disiplin, Persatuan dan Tanggung Jawab.

Latihan Baris Berbaris CPNS BPOM Tingkatkan Disiplin, Persatuan dan Tanggung Jawab

Ciawi Bogor – PPMKP :  Sebanyak 160 peserta Pelatihan Dasar CPNS BPOM diberikan materi Latihan Baris Berbaris di Pusat Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian (PPMKP), Jum’at (29/3).

“Baris berbaris adalah suatu wujud latihan fisik, yang diperlukan guna menanamkan kebiasaan dalam tata cara kehidupan yang diarahkan kepada terbentuknya suatu perwatakan tertentu,” Ujar Royani Instruktur Mental, Fisik dan disiplin (MFD) Latsar CPNS.

Peraturan Baris Berbaris yang digunakan kata Royani adalah Peraturan Baris Berbaris milik TNI/POLRI karena hingga saat ini yang sudah baku adalah seperti SKEP PANGAB Nomor: SKEP/611/N 85 Tanggal 8 Oktober 1985.

Materi  LBB yang merupakan salah satu bagian dari materi Bela Negara ini dikatakan Royani terdiri dari tiga gerakan dasar, yakni gerakan ditempat yang merupakan gerakan dasar yang harus dipahami oleh semua peserta.

Gerakan lainnya meninggalkan tempat, yaitu berpindahnya satu kelompok dari tempat lama ke tempat baru, yang memiliki makna membangun disiplin, kebersamaan, keharmonisan, keserasian dan rasa senasib sepenanggungan. Gerakan lainnya adalah Tata Upacara Sipil (TUS).

“TUS ini terdiri dari upacara umum, seperti hari–hari besar nasional dan upacara khusus seperti pembelajaran di dalam kelas dan apel pagi serta apel malam, “urainya.

Royani mengungkapkan secara keseluruhan LBB ini bertujuan untuk  membentuk sikap, fisik yang prima guna menunjang  aktivitas ditempat pelatihan sebelum diterapkan di instansi masing–masing.  Selain itu menumbuhkan sikap jasmani yang tegap tangkas, rasa disiplin dan rasa tanggung jawab.

“Sikap jasmani yang tegap tangkas adalah mengarahkan pertumbuhan tubuh yang diperlukan oleh tugas pokok, sehingga secara jasmani dapat menjalankan tugas pokok tersebut dengan sempurna, “ jelasnya.

Kata dia dengan mengikuti LBB selanjutnya diharapkan peserta memiliki pengetahuan tentang peraturan Baris-berbaris dan mampu menerapkan Peraturan Baris-berbaris dengan baik, untuk mendukung penegakan disiplin dan kerjasama antara peserta dan mampu melaksanakan kegiatan apel secara tertib dalam rangka penerapan tus dengan benar di instansinya masing-masing.(PPMKP)