You are currently viewing Lanud ATS Gelar Latihan Antar Satuan, Siap Mendukung Operasi Tri Patra

Lanud ATS Gelar Latihan Antar Satuan, Siap Mendukung Operasi Tri Patra

Danlanud ATS, Marsekal Pertama TNI Irwan Is. Dunggio, S.Sos saat memberikan keterangan kepada wartawan. Foto: Sandika Fadilah | wartapakwan.co.id

Bogor, WARTAPAKWAN

Personel TNI Angkatan Udara di Pangkalan Udara Atang Sendjadja dalam kondisi siap untuk mendukung tugas-tugas Polri dalam rangka pengamanan Pilkada Serentak 2018 dan Pilpres 2019. Kesiapan ini diungkap DanLanud Atang Sendjadja, Marsekal Pertama TNI Irwan Is Dunggio, S.Sos kepada wartawan usai menggelar latihan puncak antar satuan di  Lanud Atang Sendjadja, Rabu (28/3/2018).

“TNI dan Polri sudah ada Mou mengenai tindakan penanganan pengamanan pada masa Pilkada Serentak 2018 dan juga Pilpres 2019. Latihan ini juga salah satunya untuk menguji kesiapan personil kami. Jadi, kami (TNI) sekarang tidak lagi menunggu permintaan dari pihak Polri. Bilamana terjadi kondisi darurat, kami sudah ada SOPnya. Harus berada di mana, dan melakukan apa,” tegas Irwan.

Masih menurut Irwan, latihan puncak antar satuan ini juga untuk mengetahui kesiapan yang menjadi tugas pokok pasukannya, baik dalam kondisi perang maupun dalam kondisi selain perang. “Sudah menjadi tugas kami untuk selalu mengasah kemampuan dan kesiapan seluruh satuan. Jadi, bilamana dibutuhkan, jajaran kami siap,” sambung Irwan.

Skenario latihan antar satuan ini meliputi semua aspek, mulai dari penanganan medis hingga menghadapi situasi demo masyarakat yang anarkis karena terdapat provokator. Berkat kesigapan personel Lanud ATS, situas dapat segera dikendalikan. (sandika fadilah)