You are currently viewing Kolev Rombak Lini Belakang, PS TNI Nyaris Dipermalukan Persiba

Kolev Rombak Lini Belakang, PS TNI Nyaris Dipermalukan Persiba

Coach Ivan Kolev mengubah formasi inti, dan Persiba nyaris dikalahkan lawan.

Tuan rumah PS TNI ditahan imbang Persiba Balikpapan, 1-1 (0-1) dalam lanjutan pertandingan GojekTraveloka Liga 1 di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jumat (5/5/2017). Bagi Skuad berjuluk The Army, hasil ini adalah kerugian besar karena poinnya dicuri tim tamu.
Transisi dari Laurent Hatton kepada Ivan Kolev tidak berjalan mulus. Kolev merombak kerangka utama tim yang dalam tiga laga terakhir berhasil menggagalkan kemenangan dua tim besar, yaitu Pusamania Borneo, dan Persib Bandung serta menghajar Bhayangkara FC, 2-1.
Perubahan mencolok terjadi di lini vital, yaitu barisan pertahanan. Semasa ditangani Lauren Hatton, benteng PS TNI dikawal dua stopper lokal yaitu Ganjar Mukti dan Andieka Pratama plus legiun asing Abubacar Leo Camara.
Dalam laga ini, Ganjar dan Andieka tidak masuk dalam starting eleven alias dibangkucadangkan, sementara Camara sudah keluar dari tim mengikuti hengkangnya Laurent Hatton. Artinya, ada tiga pemain murni yang bertipikal pemain belakang. Sedangkan dalam pertandingan kontra Persiba, Ivan Kolev memasang lima pemain tengah bertipikal gelandang serang dan empat pemain depan serta hanya satu pemain bertipikal pemain belakang, yaitu Kapten Tim Andy Setyo.
Alhasil, laga baru berjalan 11 menit, counter attack dari Persiba melalui target man mereka, Marlon da Silva berhasil merobek gawang PS TNI yang dikawal Dhika Bayangkara. Rapuhnya lini belakang tuan rumah membuat counter attack Persiba melalui Marlon menjadi sangat mematikan. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum, dan The Army baru bisa menyamakan kedudukan 1-1 melalui pemain asing asal Korea, Soon Hak Hong di menit ke-72.
Usai pertandingan, kubu Persiba melalui caretaker tim Haryadi terlihat sumringah. Menurutnya, berhasil mencuri poin di kandang PS TNI adalah hasil yang maksimal.
“saya bersyukur dengan hasil ini dan terima kasih kepada para pemain yang sudah berjuang keras. Poin ini sangat berarti bagi Persiba, ”ujar Haryadi. Hal senada diungkap pemain Persiba, Iqbal Samad. “Ini poin pertama kami di kompetisi Liga 1, setelah sebelumnya gagal meraih poin. Ini meningkatkan moril kami untuk pertandingan mendatang, ”ujar Iqbal. Sementara itu, Pelatih PS TNI Ivan Kolev mengatakan dia belum mengetahui betul karakter pemain. “Kami mendominasi pertandingan dan banyak peluang namun kurang beruntung. Saya kecewa dengan hasil 1-1, ”ujar Kolev seraya berjanji bakal membenahi lini belakang dan lini tengah PS TNI. Sedangkan kapten tim PS TNI, Andy Setyo mengatakan komunikasi timnya kurang begitu baik pada laga ini. Namun demikian, hal ini bukan karena adanya pelatih baru. (cay)