You are currently viewing Kemendagri Musnahkan Jutaan Keping E-KTP Invalid

Kemendagri Musnahkan Jutaan Keping E-KTP Invalid

Pemusnahan Jutaan Keping E-KTP yang sudah rusak serta invalid, Rabu (19/12). Foto : Benkz/wartapakwan.co.id

wartapakwan.co.id, KEMANG – Kementerian Dalam Negeri melakukan pemusnahan jutaan keping e-KTP dari seluruh wilayah di Indonesia di gudang Kemendagri, Jalan Raya Parung, Desa Parakan Jaya , Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor, Rabu (19/12).

Sebanyak 1.378.146 keping blangko maupun e-KTP yang sudah rusak serta invalid sejak 2011 hingga 2018 tersebut dimusnahkan dengan cara dibakar dalam tong besar. Pemusnahan e-KTP tersebut turut disaksikan oleh berbagai pihak termasuk Bareskrim Mabes Polri.

Sekretaris Jendral Kementerian Dalam Negeri, Hadi Prabowo mengatakan pemusnahan massal secara terbuka tersebut dilakukan sesuai edaran dari Menteri Dalam Negeri, Cahyo Kumolo. Tujuannya adalah mencegah terulangnya e-KTP dibuang dan tercecer.

Hadi menegaskan, pemusnahan e-KTP tersebut juga dilakukan serentak di setiap daerah di seluruh Indonesia.

Sekretaris Jendral Kementerian Dalam Negeri, Hadi Prabowo saat memberikan keterangan pers terkait pemusnahan e-KTP.

“Ini seluruh indonesia, sesuai edaran kemendagri yang keluar sejak seminggu lalu. Jika masih ada yang tercecer lagi maka ada oknum,” paparnya saat ditemui wartapakwan.co.id di lokasi.

Sementara itu, Direktur Jenderal Kependudukan dan catatan Sipil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh menyampaikan, e-KTP yang dimusnahkan tersebut merupakan hasil pelaporan yang kini sudah dimasukkan ke dalam gudang Kemendagri.

“Kalau di daerah beragam, ada yang 16 ribu keping, 1000, hingga 10 keping. Ini masih direkap, dan daerah masih terus melakukan pelaporan,” kata Zudan.

Dia mengatakan, pemusnahan ini harus dilakukan secara massal hingga tidak ada lagi e-KTP rusak dan invalid yang masih tersimpan.
(Benkz/wartapakwan.co.id)