You are currently viewing Kata Anni Farhani, Anak Usia 4 Hingga 15 Tahun di Bogor Rentan Kekerasan Seks dan Fisik
Anni Fahrani

Kata Anni Farhani, Anak Usia 4 Hingga 15 Tahun di Bogor Rentan Kekerasan Seks dan Fisik

BOGOR – Guna meminimalisir jumlah kasus kekerasan terhadap anak di Kota Bogor dibutuhkan partisipasi dan kesadaran banyak pihak, mulai dari masyarakat hingga orang tua. Hal tersebut diungkapkan oleh Komisi Pelindungan Anak Indonesia Daerah (KPAID) Kota Bogor Komisioner Bidang Pendidikan, Anni Farhani.

Anni Farhani mengatakan, saat ini laporan yang masuk dan sedang ditangani nya dari awal tahun 2018 mencapai 35 kasus kekerasan terhadap anak mencangkup wilayah Kota dan Kabupaten Bogor.

“Laporan yang masuk dan kami tangani sebanyak 35 kasus dari awal tahun 2018 data ini dilihat dari tahun sebelumnya,” ujar Anni Farhani kepada wartapakwan.co.id. Minggu (04/11).

Kekerasan pada anak yang sering terjadi di Bogor didominasi oleh kekerasan seksual dan fisik yang korbannya berusia 4 – 15 tahun.

Dalam UU No.35 tahun 2014 tentang perlindungan anak jelas disebutkan yang memiliki kewajiban untuk melakukan pemenuhan terhadap hak anak adalah negara, pemerintah daerah, masyarakat serta orang tua.

“Semua elemen ini harus ikut serta dalam mencegah terjadinya kekerasan pada anak termasuk media massa dan swasta selaku kontrol sosial dan pilar pembangunan,” lanjut Anni.

Lebih lanjut Anni Farhani mengatakan, semua komponen harus bisa bersatu guna membangun kesadaran yang tinggi dan melihat betapa pentingnya pelindungan dan pemenuhan hak anak.

“Dengan demikian maka diharapkan kekerasan terhadap anak akan dapat diminimalisir,” pungkas Anni Farhani. (wartapakwan.co.id / Irex).