Ini Torehan Prestasi PPMKP 2019

Publikasi

 

Ciawi Bogor – PPMKP    :    Tahun Anggaran (TA) 2019 akan segera berakhir. Pusat Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian (PPMKP) bahkan sudah menyusun kegiatan untuk TA berikutnya dengan melaksanakan Workshop Penyusunan Grand Strategy  di Cisarua Bogor 9-12 Desember pekan lalu Selain membahas rencana strategis lima tahun kedepan, dalam kegiatan tersebut dibahas pula hasil Identifikasi Kebutuhan Pelatihan (IKP), Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II (PKNII), rencana jadwal kegiatan dan lain – lain.

Sementara itu di TA 2019 sejumlah prestasi ditorehkan PPMKP. Berikut kegiatan dan torehan prestasi PPMKP di tahun 2019.

p

PPMKP Raih Penghargaan Wilayah Bebas Korupsi 

.Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo memberikan penghargaan kepada Unit Pelaksana Teknis (UPT) lingkup Kementan yang dinilai telah memenuhi persyaratan sebagai Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Sistem Pengendalian Intern (SPI) Tahun 2019. 

PPMKP menjadi salah satu unit yang ditetapkan Menteri yang biasa di sapa SYL ini, untuk mendapatkan apresiasi WBK di tahun 2019. Penghargaan tersebut diberikan  dalam rangka Hari Anti Korupsi Sedunia (HAKORDIA) 2019 yang digelar Kementan di Jakarta, Jumat (13/12).

“Dengan adanya pembangunan WBK ini, kami menghendaki perbaikan manajemen agar segera ada penyegeraan untuk mengurangi terjadinya tindak korupsi dengan target ideal zero accident sebagai bentuk perwujudan pelaksanaan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 5 Tahun 2004 tentang Percepatan Pemberantasan Korupsi,” kata SYL 

Heri Suliyanto Kepala PPMKP menyambut baik penghargaan ini dan menyebut apa yang diperoleh PPMKP merupakan prestasi yang membanggakan.

“ Ini prestasi yang membanggakan bagi PPMKP, dan kita akan terus berkomitmen dalam mendukung pembangunan WBK di PPMKP seraya  berupaya terus mewujudkan integritas dan profesionalitas dalam pembangunan WBK,” ungkapnya.

Website PPMKP Sabet Peringkat II Lomba Website Lingkup BPPSDMP

Yang tak kalah membanggakan ditetapkannya website PPMKP diperingkat II terbaik lingkup Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP) tahun 2019.  Dalam lomba yang bertema Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi Dalam Rangka Pelayanan Informasi ini PPMKP bersaing dengan enam UPT lain  lingkup BPPSDMP yang masuk nominasi.  

Akreditasi A Mantapkan Langkah PPMKP Menjadi Lembaga Pelatihan Terpercaya

Sebagai lembaga pelatihan yang telah melahirkan ribuan alumni, PPMKP terus berbenah diri guna meningkatkan kualitas penyelengaraan pelatihan. Peningkatan tersebut dilakukan dengan upaya meningkatkan sarana dan prasarana pelatihan dengan  rehab gedung dan bangunan komplek asrama Surya. Selain itu untuk, meningkatkan profesionalisme petugas PPMKP menggelar in house training dan benchmarking ke berbagai lokasi yang berkaitan dengan pelatihan dan pelayanan serta melaksanakan tertib administrasi dan dokumentasi penyelenggaraan pelatihan. 

Upaya tersebut tidak sia – sia PPMKP kembali meraih akreditasi A untuk Pelatihan Dasar CPNS Golongan II dan III. Akreditasi A juga diraih PPMKP untuk Pelatihan Kepemimpinan Tk. III setelah sebelumnya terakreditasi B.

Selain pelatihan, proses akreditasi juga dilakukan untuk Perpustakaan PPMKP. Proses akreditasi ini sudah sampai pada tahap visitasi Asessor dari tim Lembaga Akreditasi Perpustakaan Nasional (LAP) Perpustakaan Nasional.  Akreditasi perpustakaan  merupakan rangkaian kegiatan proses pengakuan formal oleh lembaga akreditasi perpustakaan yang menyatakan bahwa lembaga perpustakaan telah memenuhi persyaratan untuk melakukan kegiatan pengelolaan perpustakaan dengan tujuan meningkatkan kepercayaan masyarakat (pemustaka) terhadap kinerja perpustakaan serta menjamin konsistensi kualitas kegiatan perpustakaan. (RG/PPMKP)