You are currently viewing Hindari Gadget Terhadap Anak, Komunitas Balancing Bike Bogor Ajak Keluarga Muda Beraktifitas di Luar Ruangan

Hindari Gadget Terhadap Anak, Komunitas Balancing Bike Bogor Ajak Keluarga Muda Beraktifitas di Luar Ruangan

Salah satu anggota Balancing Bike Bogor saat mengikuti latihan di GOR Pajajaran, Minggu (6/01). Foto|Sandika Fadilah.

wartapakwan.co.id, TANAH SAREAL – Umumnya komunitas sepeda hanya diikuti oleh orang dewasa. Namun tidak bagi Anne Noviani selaku koordinator komunitas balancing bike atau dengan nama bekennya Balabiboo, anak-anak usia 2 – 4 tahun dapat bergabung bersama wadah komunitas Balabiboo.

Balabibu sendiri dibentuk pada september 2018 lalu dengan jumlah anggota sampai saat ini mencapai 64 anak.

“Hari ini nama kegiatannnya “main bareng Balabiboo” main bareng balance bike, ada latihan loncat juga untuk mengasah motorik kasar anak, lalu ada latihan bikin trek juga untuk balapan anak-anak kecil. Jadi yang bermain di sini anak-anaknya rata-rata usianya dari 18 bulan sampai empat tahun tapi baiknya usia 2-3 tahun,” jelasnya pada wartapakwan.co.id saat ditemui di GOR Pajajaran, Minggu (6/01).

Kegiatan tersebut menurutnya selain membuat anak-anak gembira dengan bermain sepeda bersama, tujuannya adalah mengenalkan olahraga terhadap anak, sehingga mereka telah terbiasa untuk beraktifitas di luar rumah sehingga terbebas dari gadget.

Namun seiring berjalannya Balabiboo, saat ini, Anne terkendala tempat untuk mereka berlatih “untuk pertama kali ini di GOR Pajajaran dan Alhamdulilah dapat izin dan didukung oleh Dispora Kota Bogor dan Pemkot. Biasanya kita latihan di Taman Kencana dan Jungle Land,”

Selain bermain sepeda, lanjut Anne, komunitasnya tersebut selalu berkolaborasi dengan komunitas lain, seperti mendongeng atau membuat prakarya karena sesuai dengan tujuannya, yakni mengedepankan aktifitas di ruang terbuka.

“Targetnya sendiri anak-anak dan keluarga muda yang masih punya balita atau batita yang memang butuh kegiatan di luar rumah,” paparnya.

Ia pun berharap untuk anak-anak di wilayah Bogor bisa lebih sehat serta bisa belajar bersepeda dengan cara yang benar dan dapat menumbuhkan jiwa kompetitif anak agar dapat lebih berani.

Reporter : Sandika Fadilah
Editor      : Bambang Supriyadi