You are currently viewing Hadiri Workshop SPI Lingkup BPPSDMP Kepala PPMKP Sebut SPI di PPMKP Jamin Pelaksanaan Program Efektif, Efisien, Akuntabel dan Bebas KKN

Hadiri Workshop SPI Lingkup BPPSDMP Kepala PPMKP Sebut SPI di PPMKP Jamin Pelaksanaan Program Efektif, Efisien, Akuntabel dan Bebas KKN

Keterangan Foto : Kepala PPMKP Ir. Heri Suliyanto, MBA dalam Workshop Sistem Pengendalian Intern (SPI) Lingkup BPPSDMP Di Jogyakarya, 21 – 23 Agustus 2019.

 

Jogyakarta – PPMKP : Kepala Pusat Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian (PPMKP) Heri Suliyanto memandang Sistem pengendalian Intern (SPI) adalah suatu cara atau strategi untuk menjamin setiap pelaksanaan kegiatan (program) berlangsung dengan efektif, efisien, akuntabel dan bebas Kolusi Korupsi dan Nepotisme (KKN). Ia mengungkap level maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) di PPMKP dalam tingkatan Terdefinisi dimana praktik pengendalian telah terdokumentasi baik namun evaluasinya belum terdokumentasikan dengan baik. Menyikapi hal ini dibutuhkan strategi agar level Maturitas SPIP PPMKP meningkat. Ia merinci strategi yang perlu dilakukan yakni dengan terus menerus melakukan perbaikan pelaksanaan SPI mulai dari penyusunan perencanaan (Plan) yang baik dan detil, menetapkan tim dan berbagi peran untuk membentuk organisasi SPI yang solid serta mengidentifikasi semua faktor resiko secara detil kemudian menentukan tahap – tahap kriitis atau penting untuk menjadi panduan dalam urutan kegiatan yang dirumuskan dalam SOP.
“ Strategi penutup dengan menyiapkan proses koreksi (Control) agar SPI PPMKP tetap dan terus up to date, “ jelas Heri saat hadir mengikuti Workshop Sistem Pengendalian Intern (SPI) Lingkup Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP, di Jogyakarta Rabu ( 21/8)
Meski demikian Ia menilai penerapan SPI di PPMKPi cukup berhasil. Indikator keberhasilan disebut Heri bisa dilihat dari proses dimana semua faktor resiko sudah terindikasi,dan SOP yang sudah tersusun. Indikator lain ia katakan output dengan terlaksananya kegiatan baik itu pelatihan, aktivitas dan pengadaan yang efektif, efisien dan akuntabel yang terakhir outcome dimana seluruh aktifitas PPMKP bebas KKN, gratifikasi dan bermanfaat bagi pengembangan kapasitas SDM sektor pertanian, Kementerian Pertanian, internal PPMKP dan BPPSDMP.
Untuk design SPI katanya disusun sebagai bentuk aplikasi strategi pelaksanaan SPI dengan menggunakan manajemen klasik yakni Plan, Organizing, Actuating dan Controlling (POA).
Workshop Sistem Pengendalian Intern (SPI) Lingkup BPPSDMP dibuka Sekretaris BPPSDMP Siti Munifah., Rabu (21/8). Mengusung tema Penguatan Strategi Peningkatan Maturitas SPIP, Reformasi Birokrasi dan Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM. (RG/PPMKP)