GFORM Platform Google Yang Ramah Untuk Evaluasi

Publikasi

 

Ciawi Bogor – PPMKP : Penyebaran virus corona menyebabkan perubahan yang drastis pada sistem pendidikan di Indonesia. Pembelajaran tatap muka yang dilaksanakan 100 persen di sekolah, secara tiba – tiba mengalami perubahan. Sebagai antisipasi wabah ini pembelajaran secara daring banyak dilakukan. Apapun metode yang dipilih dalam pembelajaran penting dilakukannya evaluasi. Dengan evaluasi kegiatan atau program yang dilaksanakan .dapat diukur atau dinilai apakah sesuai dengan perencanaan atau tujuan yang ingin dicapai. Lalu bagaimana evaluasi ini bisa mudah dilakukan?

Terkait hal itu, Webinar Brokoli (Ngobrol Asik Via Online) volume II edisi Senin, (6/7) menghadirkan tema Evaluasi Asik dengan Gform dan Quizizz. Webinar disampaikan Triane Widya Anggriani dan Miko Harjanti Widyaiswara Pusat pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian (PPMKP). peserta baik guru, dosen, penyuluh dan widyaiswara dari berbagai instansi mengikuti webinar ini baik melalui Zoom maupun channel Youtube PPMKP.

 

” Sejak pandemik semua kita belajar online. Suka atau tidak kita harus kalau tidak mau ketinggalan. Kaum milenial semua sudah pakai jari saja karena dinilai lebih cepat, lebih mudah, “ papar Anne sapaan akrab Triane.

Gform atau Google Form adalah platform dari google. Gform memberikan kemudahan kepada penyedia layanan untuk mengisi lembaran isian atau kuesioner. Salah satu bagian dari fitur Google ini dapat diakses melalui browser secara gratis dan dapat mengumpulkan informasi dari banyak responden untuk berbagai kebutuhan.

“ Google formulir dapat digunakan dalam berbagai hal. Beberapa fungsi Google Form misalnya, untuk membuat formulir survei, formulir registrasi online, kuis, formulir RSVP event. Intinya mengisi formulir, “ tuturnya.

Untuk menggunakan Google Form lanjut Anne pengguna harus terlebih dahulu memiliki akun Google. Bila belum memiliki akun Google, buatlah dengan cara seperti biasa. Setelah itu buka https://docs.google.com/forms.

“ Kita bisa memilih berbagai template, contoh Google Form dan contoh kuesioner Google Form yang sudah tersedia di sini, mulai dari template informasi kontak, konfirmasi kehadiran acara, undangan pesta, dan sebagainya. Untuk mulai membuat form bisa klik langsung di template yang ada. Jika ingin membuat form sendiri, mulailah dengan klik pada bagian form Blank, “ jelasnya.

Langkah berikutnya ujar peraih gelar doctor di Sekolah Pasca Sarjana IPB tahun 2019 ini, adalah membuat nama untuk survei yang dibuat pada kolom Untitled form, lalu tuliskan deskripsi survei pada kolom Form description. Ketik pertanyaan yang diinginkan dalam kolom Untitled Question sesuai data apa yang ingin didapatkan melalui survei tersebut.

“ Tipe jawaban yang di inginkan mulai dari jawaban singkat, paragraf, pilihan ganda, atau kotak centang.Untuk memilih tipe jawaban klik opsi Multiple choice dan akan muncul semua tipe pertanyaan yang tersedia. Tipe pertanyaan terdiri dari Multiple choice, Checkboxes, Short answer and Paragraph, Dropdown, Linear scale, dan Date and Time. Selain itu ada pula pilihan file upload bila pengguna membutuhkan tambahan data berupa dokumen atau foto tertentu dari responden, “ rinci Anne.

Google akan mengolah sendiri data yang masuk, dengan hasil tampilan berbagai bentuk, pie chart, bar dan lain – lain. Penyedia layanan hanya tinggal melihat dan menganalisis. Adapun terkait hasil hanya tinggal didownload dan file dalam bentuk excel sudah bisa didapatkan.

Anne berharap dimasa pandemik ini pengetahuan terus bertambah, karena banyak waktu luang untuk mengupgrade keilmuan yang dimiliki.(Regi/PPMKP)