You are currently viewing Fadli Zon: DPR RI Dukung Pemekaran Bogor Barat

Fadli Zon: DPR RI Dukung Pemekaran Bogor Barat

Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon. Foto|Istimewa

wartapakwan.co.id, CITEUREUP – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor tengah menggencarkan pemekaran wilayah Daerah Otonomi Baru (DOB). Sebut saja, DOB Bogor Barat yang diusulkan masuk prioritas dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Jawa Barat 2018-2023, bersama dua wilayah lain. Belum lagi DOB Bogor Timur yang juga tengah diupayakan.

Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon pun angkat bicara soal pemekaran wilayah di Bumi Tegar Beriman itu. Politisi Partai Gerindra itu mengatakan, dengan luas wilayah 2.336 kilometer dan jumlah penduduk yang mencapai 5,8 juta jiwa, dianggap sudah terlalu banyak untuk wilayah tingkat kabupaten/kota. Sehingga, agar ada peningkatan dan pemerataan pembangunan, pembentukan DOB menjadi solusi.

“Kalau ada pemekaran, kan daerah baru nanti punya Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) sendiri, dan sebagainya. Nah ini mempercepat pembangunan yang daerah pinggiran yang kurang dapat alokasi (anggaran),” katanya selepas menghadiri Rebo Keliling (Boling) di Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor, Rabu (30/1).

Pria berkacamata itu menambahkan, saat ini bola-nya ada di pemerintah, karena moratorium DOB belum juga dicabut. Sedangkan di DPR RI, mendukung pemekaran itu, baik untuk Bogor Barat ataupun Bogor Timur. Hanya saja, menunggu moratorium dicabut untuk mengesahkan DOB. Terlebih DOB Bogor Barat yang siap pemekaran secara administrasi.

“Tergantung pemerintah (pusat), kalau DPR sih sangat mendukung. Adanya APBD sendiri, dan lainnnya, mempercepat wilayah yang jauh dari pusat pemerintahan,” ungkapnya.

Diketahui, Kabupaten Bogor Barat menjadi salah satu dari tiga wilayah yang masuk dalam prioritas pembangunan DOB di Jawa Barat, bersama Sukabumi Utara, Kabupaten Sukabumi dan Garut Selatan, Kabupaten Garut. Yang diusulkan masuk prioritas dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Jawa Barat 2018-2023. Rencana pembentukan (DOB) Kabupaten Bogor Timur juga tengah diprogres Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappedalitbang) Kabupaten Bogor.

Reporter : Bambang Supriyadi
Editor      : Bambang Supriyadi