You are currently viewing Ekspresi Peserta Khitanan Massal, Bakti Sosial Hari Tani Nasional di PPMKP

Ekspresi Peserta Khitanan Massal, Bakti Sosial Hari Tani Nasional di PPMKP

 

Ciawi Bogor – PPMKP : Beragam ekspresi dan reaksi ditunjukan anak saat akan dikhitan. Disaat merasakan takut dan ngeri akan dikhitan tak jarang ekspresi unik mengundang tawapun muncul.

“ Dokter buruan, saya nggak mau pake laser. Terus ditanya dokter terus mau nya pake apa khitannya ? sambil terus terisak,anak tersebut menyebut nama sebuah benda yang membuat orang yang hadir tertawa, ” kisah Feri Haky, dokter klinik kesehatan Pusat Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian (PPMKP) yang menangani khitanan.

Hal itu terjadi saat sebanyak 10 orang anak menjalani khitan dalam acara bakti sosial Khitanan Massal yang digelar PPMKP Ciawi Bogor, Rabu (30/9).

Ada juga beberapa anak yang usia nya sekitar dua tahunan tapi saat akan di khitan dan waktu di suntik anestesi tidak ada reaksi sama sekali sampai selesai di khitan. Ada pula yang menolak masuk ruang khitan karena mendengar suara tangis anak lain yang dikhitan lebih dulu.

Acara tersebut merupakan lanjutan rangkaian kegiatan peringatan Hari Tani Nasional tahun 2020 yang dilaksanakan sama seperti sepekan sebelumnya.

Selain khitanan massal, 60 yatim dan dhuafa mendapat santunan berupa uang tunai dan bingkisan, Usia anak yang di khitan bervariasi dari satu tahun hingga enam tahun.

“ Ini momen keprihatinan bagi kita untuk tetap berbagi di tengah pandemik. Para orang tua yang anaknya dikhitan sangat bersyukur dan berterimakasih. Di tengah pandemi dengan keterbatasan ekonomi mereka mendapatkan fasilitas dari PPMKP berupa khitanan gratis dan santunan, “ ujar Feri Haky.

Turut menyaksikan kegiatan Kepala PPMKP Yusral Tahir yang juga Pembina DKM Alhuda PPMKP. Yusral berpesan agar anak – anak yang sudah dikhitan menjadi anak soleh, berbakti pada orangtuanya dan kelak menjadi orang yang sukses.

“ Patuhi nasihat orang tua yang masih ada dan yang utama jaga sholatnya. Rajin belajar dan jangan ada kata menyerah, “ pesannya.

Iapun berharap kegiatan bakti sosial ini menjadi amal soleh dan pemberat timbangan kebaikan kita semua.

Kegiatan melibatkan Dharma Wanita Persatuan (DWP) PPMKP, ikut hadir Ketua DWP PPMKP Sari Dewi Harahap dan pengurus DKM Al Huda PPMKP.

Acara berjalan lancar dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan di tengah wabah Covid 19. (Regi/PPMKP).