Drainase Tersumbat, Dua Kampung di Rancamaya Terendam

Featured News

Puluhan rumah di Rancamaya terendam akibat tersumbatnya drainase. Foto: Erik Sahuleka.

wartapakwan.co.id, BOGOR SELATAN –
Hujan deras yang mengguyur wilayah Bogor selatan sejak, Rabu (2/01) siang hingga sore mengakibatkan volume air meningkat sehingga merendam dua desa di Kampung Rancamaya Cikobak, Kelurahan Rancamaya, RT 03/04 dan Kampung Bojong Kerta Cikobak RT.001/004, Kelurahan Bojong Kerta.

Banjir yang mencapai dua meter tersebut diduga aliran anak sungai Cisadane meluap serta buruknya drainese hingga
terdampak pada 26 KK dengan 98 jiwa.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor, Ganjar Gunawan, menyatakan berdasarkan hasil pengamatan banjir lintasan dikarenakan debit air meningkat di hulu sungai.

“Menurut informasi warga di sini ada kali yang namanya Cimakaci, jadi hulu sungai Cimakaci ini adalah didaerah pancawati kebetulan tadi siang sampe sore hujan deras sehingga mengakibatkan debit air tinggi dan berdampak terjadi luapan serta diduga kali ini tersumbat oleh urugan jalan,”paparnya pada wartapakwan.co.id

Saat ini warga yang terdampak sementara direlokasi ke sebuah masjid terdekat.

“Untuk sementara kita pergunakan masjid Nurul Hadi ini sebagai tempat evakuasi warga, dan nanti BPBD bersama Dinsos akan mendirikan dapur umum kemudian kita akan upayakan bantuan layak pakai,” katanya.

Sementara itu Wahyudin salah satu warga Kampung Rancamaya Cikobak, Kelurahan Rancamaya, RT 03/04 berharap pemerintah Kota agar dapat segera memperbaiki drainase yang tersumbat.

Beruntung dalam peristiwa tersebut tidak menelan korban jiwa.

Reporter : Erik Sahuleka
Editor      : Bambang Supriyadi