Doa dari Bogor untuk Muslim Uighur di Xinjiang

POLHUKAM

Bogor, wartapakwan.co.id – Ratusan umat Islam di Bogor menggelar aksi damai menyuarakan solidaritas terhadap kaum minoritas muslim Uighur di Tiongkok, Minggu (22/12/2019) di Tugu Kujang, Bogor, Jawa Barat, Indonesia.

Dalam aksinya, ratusan umat Islam membawa berbagai poster dan spanduk yang mendukung kaum Uighur, diantaranya We Stand for Uighur, dan Save Uighur with Khilafah. Menurut penanggungjawab aksi, Sutono, pihaknya menggelar aksi untuk mendesak  pemerintah agar bersuara atas apa yang menimpa kaum Uighur.

Ratusan Umat Islam di Bogor, Minggu (22/12/2019) menggelar aksi damai menyuarakan dukungan bagi kaum minoritas muslim Uighur di Xinjiang, Tiongkok yang diduga mengalami sejumlah tekanan dari penguasa Tiongkok dalam beberapa tahun terakhir ini. Photo: TJAHYADI ERMAWAN

“Aksi damai ini bentuk dukungan Umat Islam Bogor untuk saudara-saudara kami, kaum Uighur di Xianjiang yang mengalami berbagai tekanan dari otoritas Tiongkok,” ujar Sutono. Dalam siaran pers yang dibagikan peserta aksi kepada awak media, Umat Islam Bogor meminta Pemerintah Indonesia untuk bersuara terkait isu Uighur.

Selain itu, cuitan pesepakbola Arsenal, Mesut Ozil juga ikut memicu umat Islam Bogor turun ke jalan. Beberapa waktu lalu, mantan pemain Timnas Jerman itu sempat melontarkan cuitan di twiternya yang viral dan direspon keras oleh Beijing.

“Ozil saja peduli, masa kita yang mayoritas diam saja. Pokoknya, aksi ini adalah bentuk dukungan dan doa dari Bogor untuk saudara kami (Uighur) di Xianjiang” ujar salah seorang peserta aksi yang dalam demo damai ini mengenakan jersey Arsenal FC dan juga poster cuitan Mesut Ozil di sosial media. (tjahyadi ermawan)