You are currently viewing Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian Cianjur Menggelar Operasi Pasar Murah Paket Sembako

Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian Cianjur Menggelar Operasi Pasar Murah Paket Sembako

Kepala Desa Sukataris, Moch Nurlukman secara simbolis menyerahkan paket sembako dalam Operasi Pasar Murah (OPM) kepada warga penerima di wilayah Sukataris, Karangtengah Cianjur.

 

Wartapakwan.co.id,CIANJUR- Sebanyak 1200 warga masyarakat wilayah Sukataris membeli paket sembako dalam Operasi Pasar Murah (OPM) yang digelar oleh Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Cianjur, di aula Desa Sukataris Kecamatan Karangtengah, Cianjur, Jawa Barat, Kamis (23/05/2019).

Menurut Kepala Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Cianjur, Himam Haris mengatakan bahwa dari kegiatan OPM ini diharapkan bisa mengendalikan harga berbagai komoditas di pasaran yang trennya cenderung naik selama Ramadhan hingga nanti Idulfitri 1440 Hijriyah.

“OPM ini harus benar-benar berdampak terhadap pengendalian harga di pasaran,” Kata Himam.

Himam menjelaskan OPM di Cianjur dipusatkan di empat lokasi. Pertama pada Selasa (22/05), OPM digelar di Desa Haurwangi. Titik kedua di Desa Sukataris Kecamatan Karangtengah. Selanjutnya akan digelar di Kecamatan Cugenang dan Sukaresmi.

“Fokus prioritas paket sembako murah yakni rumah tangga kurang mampu. Data penerima paket sembako murah ini sesuai ajuan dari desa setempat. Kemudian kami sampaikan ke Disperindag Provinsi Jawa Barat. Pengelolaan di lapangan, kami bekerja sama dengan Bulog Subdivre Cianjur,” terang Hilman.

Himam mengatakan, untuk kabupaten Cianjur mendapatkan kuota sebanyak 12 ribu paket sembako murah. Paketnya berisi beras premium sebanyak 5 kg, gula pasir 3 kg, minyak goreng kemasan 3 liter, dan daging sapi 1 kg seharga Rp93.500. Setiap titik berbeda-beda jumlah kuota penerima nya.

Sementara itu, Kepala Desa Sukataris, Moch Nurlukman, mengatakan jumlah warga penerima paket sembako murah pada operasi pasar murah kali ini sebanyak 1.200 orang. Awalnya, lanjut dia, sesuai dengan pendataan di lapangan, diajukan sebanyak 4 ribu.

“Tapi yang di-acc sebanyak 1.200 orang. Mereka berasal dari 33 RT (rukun tetangga). Di satu RT rata-rata kuotanya sebanyak 35 orang. Kami prioritaskan bagi warga kurang mampu dengan kriteria berpenghasilan rendah,” terang kades

OPM di Desa Sukataris merupakan kali kedua dilaksanakan. Sebelumnya kegiatan serupa pernah dilaksanakan pada 2016.

“Ada subsidi dari Pemerintah sebesar Rp116 ribu per paket. Alhamdulillah, masyarakat sangat terbantu sekali adanya operasi pasar murah ini. Apalagi saat Ramadhan seperti ini,” pungkas Nurlukman. (Denni Krisman)