You are currently viewing Dilanda 10 Kali Gempa, Gunung Agung Berpotensi Hujan Lahar

Dilanda 10 Kali Gempa, Gunung Agung Berpotensi Hujan Lahar

Gunung agung. Foto : Instagram @balilivin

wartapakwan.co.id, BALI – Gunung Agung mengalami 10 kali gempa dari Rabu 10 April kemarin hingga pukul 06.00 Wita tadi. Namun, tingkat aktivitas gunung tertinggi di Bali itu masih level III atau siaga dengan zona perkiraan bahaya 4 kilometer dari puncak kawah.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mencatat, berdasarkan rekaman seismograf, Kamis (11/4/2019) dari pukul 00.00 hingga 06.00 Wita tadi, Gunung Agung dilanda tiga kali gempa tektonik jauh dan satu kali gempa gembusan.

Sedangkan sepanjang Rabu kemarin tercatat Gunung Agung digoyang tujuh kali gempa. Rinciannya dua gempa embusan, tiga gempa tektonik jauh, sisanya gempa vulkanik dangkal dan gempa tektonik lokal.

“Dari kemarin hingga pagi ini visual Gunungapi terlihat jelas hingga tertutup Kabut 0-III. Teramati asap kawah utama dengan ketinggian maksimum 200 meter dari atas puncak, bertekanan lemah dengan warna putih dan intensitas tipis,” tulis PVMBG dalam laman resmi Badan Geologi Kementerian ESDM.

Masyarakat, pendaki atau wisatawan diminta tidak beraktivitas dalam radius 4 kilometer dari kawah puncak Gunung Agung yang masuk zona perkiraan bahaya.

Masyarakat yang bermukim dan beraktivitas di sekitar aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung diminta mewaspadai potensi ancaman aliran lahar hujan.

Editor : Bambang Supriyadi