Dede: Pejabat Kota Bogor Kudu Murwadaksi, Jangan Lupakan Sejarah Sunda Padjadjaran

Featured Galleries landscape Sejarah
Pengerukan Tanah di Lokasi Cagar Budaya Sumur 7

wartapakwan.co.id, BOGOR SELATAN

Para pejabat dihimbau untuk tidak melupakan sejarah Pakwan Padjadjaran yang menjadi menjadi cikal bakal Kota dan Kabupaten Bogor saat ini. Salah satu ikon asli Pakwan yang masih tersisa dan bisa dilihat dengan kasat mata adalah Kawasan Situs Prasasti Batutulis yang tersebar di kelurahan Batutulis dan Kelurahan Lawanggintung, Kecamatan Bogor Selatan.

Menurut pemerhati situs dan peninggalan Pakwan Padjadjaran, Dede Hendrika, tugu kujang bukan ikon Kota Bogor yang asli. “Ikon asli Kota Bogor itu Prasasti Batutulis dan Kawasan situs di sekitarnya. Karena dahulunya itu adalah Kawasan Keraton Pakwan Padjadjaran,” ujar Dede.

Karena itulah, lanjut Dede, Kawasan ini harusnya menjadi prioritas para pejabat Kota Bogor untuk dilakukan penataan Kawasan heritage. “Pusaka Bogor yang sesungguhnya, ya Batutulis ini. Jangan sampai terulang lagi seperti Badigul di Rancamaya. Kalau itu terjadi  situs sejarah  Sunda Padjadjran akan semakin berkurang dan bila itu terjadi, entah apa yg ternjadi pada gegeden (pejabat, red) Kota Bogor yang tidak murwadaksi kana sejarah,” ujar Dede.

Meski demikian, lanjut Dede, silakan para investor ikut membangun Bogor. “Tapi sing eling, ulah ngarusak, ngalengitkeun sejarah dan situs sejarah Sunda Padjadjaran. Bogor 1 pemimmpin!!! Ratu haji dipakwan,” tegas Dede. (cay/wartapakwan.co.id)